Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Ini Dia 10 Kota Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Selama sepuluh tahun terakhir, Mastercard merilis Indeks Kota Tujuan Global atau daftar kota paling banyak dikunjungi. Index ini berisi analisis kunjungan internasional di 162 kota di dunia. Pada rilis tahun 2018, Indeks ini memberi peringkat sebuah kota berdasarkan volume pengunjung dan pengeluaran untuk tahun kalender 2017, juga analisa mendalam yang memberikan perkiraan pertumbuhan pengunjung selama tahun 2018.

Kunjungan yang tercatat adalah mereka yang menginap setidaknya satu malam. Selain jumlah kunjungan, Mastercard juga memberi peringkat berdasarkan seberapa banyak pengunjung menghabiskan uangnya di kota tersebut.

Dari 162 kota diseluruh dunia yang dianalisa, 6 kota di kawasan Asia berhasil masuk ke posisi 10 besar kota paling banyak dikunjungi. Tiga kota diantaranya berasal dari kawasan Asia Tenggara. Apakah salah satunya kota di Indonesia?

10 Kota Paling Banyak Dikunjungi

Untuk menjawabnya, mari kita lihat peringkat 10 besar kota paling banyak dikunjungi versi Indeks Kota Tujuan Global dari Mastercard:

  1. Seoul, Korea Selatan – 9,54 juta pengunjung

Di posisi terakhir 10 besar ada kota Seoul, Korea Selatan dengan jumlah pengunjung sebanyak 9,54 juta. Angka kunjungan ini mengalami sedikit penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal awal tahun 2018, Korea Selatan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin. Namun, event olahraga akbar itu tidak begitu banyak memberi kontribusi wisatawan mancanegara.

Terletak di samping Sungai Han, ibukota Korea Selatan ini adalah kota yang indah. Sejarah panjang kota dan lanskap berbukit menjadikannya salah satu tujuan utama para pebisnis dan wisatawan mancanegara. Selain itu, Seoul juga terkenal akan spa dan restorannya yang menakjubkan.

  1. Istanbul, Turki – 10,70 juta pengunjung

Turki adalah negara yang kaya akan budaya dan sejarah, begitu pula dengan kota terbesarnya, Istanbul.  Terlepas dari modernitasnya, Istanbul masih mempertahankan pengaruh dari banyak kerajaan yang pernah memerintahnya.  Yang paling menonjol adalah Bizantium (Romawi) dan Ottoman. Dengan keajaiban bersejarah dan makanannya yang lezat, tidak heran jika banyak orang ingin berkunjung.

  1. Tokyo, Jepang – 11,93 juta pengunjung

Ibukota Jepang yang sibuk ini adalah kota yang unik, perpaduan antara kultur yang ultra-modern dan tradisional. Tokyo memiliki gedung pencakar langit berlampu neon dan kuil bersejarah dengan jumlah yang sama banyaknya.

Ada juga pilihan wisata belanja, kuliner, dan hiburan yang hampir tak terbatas di sini. Tokyo sudah ditetapkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2020. Dengan adanya event olahraga terbesar itu, pemerintah kota Tokyo tentunya membidik peningkatan jumlah kunjungan internasional yang signifikan.

  1. Kuala Lumpur, Malaysia – 12,58 juta pengunjung

Kota Kuala Lumpur yang berkilauan dikenal karena jalan-jalannya yang dipenuhi dengan kedai-kedai makanan yang berwarna-warni.  Selain itu, ibukota Malaysia yang kerap disebut “KL” saja ini adalah titik transit yang populer ke banyak tempat di Asia. Dengan infrastruktur besar dan pemandangan alam yang luar biasa, Kuala Lumpur menjelma menjadi salah satu destinasi wisata yang populer bagi banyak orang.

  1. New York City, Amerika Serikat – 13,13 juta pengunjung

New York City dikenal sebagai “Kota yang Tidak Pernah Tidur”. Julukan yang diberikan karena dianggap sebagai kota yang paling bersemangat di Amerika, padat dengan aktivitas selama 24 jam.

kota paling banyak dikunjungi,Mastercard's Global Destination Cities Index,kota yang paling banyak dikunjungi,wisata dunia,cara traveling murah ke bangkok,mastercard,top destination cities
sumber foto: travel.earth

Kota ini penuh dengan berbagai pemandangan ikonik seperti Empire State Building, Central Park, dan Times Square yang diterangi lampu neon.  Kota yang semarak dan menawan ini seolah memiliki sesuatu untuk setiap pelancong yang datang. New York City menjadi satu-satunya kota di Amerika Serikat yang masuk daftar sepuluh besar.

  1. Singapura – 13,91 juta pengunjung

Kota yang jadi negara, atau negara berbentuk kota? Pemberian peringkat pada Singapura sebagai salah satu “kota” paling banyak dikunjungi mungkin bisa diperdebatkan.

Singapura dikatakan sebagai salah satu negara teraman di dunia. Negara ini merupakan tempat percampuran budaya dan karenanya menjadi salah satu pilihan teratas dari para ekspatriat.

Singapura juga sangat mudah dijelajahi berkat sistem transportasi publiknya yang efisien. Selain itu, negara mungil ini juga memiliki bandara terbaik di dunia dan dikenal  sebagai destinasi wisata kuliner favorit.

  1. Dubai, UEA – 15,79 juta pengunjung

Dari padang pasir menjadi kota ultra-modern. Seperti itulah gambaran Dubai saat ini. Dubai terkenal dengan pusat perbelanjaan mewah dan bangunan ultra-modern. Kota ini dipenuhi dengan gedung-gedung kaca yang menjulang tinggi, mal-mal besar, dan hotel-hotel megah. Dengan dikelilingi gurun pasir, Dubai terlihat seperti sebuah anomali yang futuristik.

Namun, diantara gedung-gedung pencakar langitnya, ada sisi yang berbeda. Pasar tua, rumah bersejarah, dan rumah teh yang tenang seolah menghadirkan warna yang kontras menjadi keunikan tersendiri dari Dubai.

  1. Paris, Prancis – 17,44 juta pengunjung

Paris adalah kota dengan jalanan yang diteduhi pepohonan, jembatan romantis, dan museum yang spektakuler. Dari katedral-katedral Gothic yang menakjubkan hingga jalan-jalan yang tenang di sepanjang Seine dan Montmartre yang semarak, Paris terlihat mempesona sekaligus menghadirkan suasana romantis. Hampir tidak mungkin untuk menolak pesona butik-butiknya yang mewah dan makanan lezat, dan rasanya jutaan pengunjung yang datang ke kota ini juga tampaknya setuju.

  1. London, Inggris – 19,83 juta pengunjung

London penuh dengan pemandangan ikonik yang memikat pengunjungnya. Istana, katedral, taman, seni, sejarah, budaya, dan makanan lezat, kota ini memiliki semuanya.

Kota ini sering disebut kota dengan beragam pengalaman. London juga dikenal karena keanekaragaman budayanya dan peluang bisnis yang terus berkembang.

  1. Bangkok, Thailand – 20,05 juta pengunjung

Dan inilah pemenang kontes Kota Paling Banyak Dikunjungi edisi tahun 2018. Untuk ketiga kalinya berturut-turut, Bangkok telah menjadi kota favorit bagi pengunjung internasional.

Apa yang membuat Bangkok banyak dikunjungi orang?  Perpaduan unik antara istana dan kuil bersejarah serta pusat hiburan yang terkenal, Bangkok dianggap bisa melayani berbagai macam selera.

(Wah, ternyata tidak ada kota di Indonesia yang masuk daftar sepuluh besar ya?)

Kalau peringkat ini diperpanjang sedikit saja, misalnya menjadi daftar 20 besar kota paling banyak dikunjungi, ada satu tempat di Indonesia yang masuk.

kota paling banyak dikunjungi,Mastercard's 2018 Global Cities Index,kota yang paling banyak dikunjungi,wisata dunia,cara traveling murah ke bangkok,mastercard,top destination cities
Mastercard’s 2018 Global Cities Index

Nah, itu dia ada nama Bali yang berada di urutan 20 kota yang paling banyak dikunjungi  dengan jumlah kunjungan internasional sebanyak 8,3 juta. Jangan protes dan mengatakan Bali itu provinsi, bukan kota. Toh di peringkat 5 ada Singapura yang semestinya malah negara.

 

Sumber: Mastercard

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: