Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

11 Fakta Tentang Paspor yang Unik dan Mengejutkan

Paspor adalah dokumen resmi yang digunakan untuk melakukan perjalanan lintas negara. Paspor berbeda dengan visa. Paspor bisa dibilang seperti Kartu Tanda Penduduk, sementara visa adalah surat ijin untuk memasuki wilayah negara lain.

Orang yang punya paspor belum tentu bisa masuk ke negara lain jika dia tidak memiliki visa. Saat ini, beberapa negara sudah memberlakukan aturan bebas visa kunjungan. Artinya, setiap orang yang hendak masuk ke negara lain cukup menunjukkan paspor saja di bagian imigrasi tanpa harus menunjukkan visanya.

Di balik fungsi dan kegunaan paspor, ada sejarah dan fakta tentang paspor yang unik dan mengejutkan. Berikut adalah daftar 11 fakta tentang paspor yang unik dan tidak biasa yang mungkin belum kamu ketahui.

  1. Paspor telah digunakan selama lebih dari seribu tahun.

Salah satu referensi paling awal dapat ditemukan dalam Alkitab, di mana, pada 450BC Raja Artaxerxes I dari Persia mengeluarkan surat jalan keamanan bagi salah seorang pejabatnya yang pergi melalui Yudea.

  1. Inggris memiliki beberapa paspor pertama

Penggunaan paspor sebagai bentuk identifikasi pada awalnya diperkenalkan oleh Raja Henry V dari Inggris pada abad ke-15. Kartu identitas ini digunakan oleh rakyatnya untuk membuktikan siapa mereka di negeri orang lain.

  1. Paspor tidak selalu membutuhkan foto close up

Foto-foto di paspor mulai diwajibkan sejak 1900-an. Bukan hanya foto close up, foto apa pun yang menunjukkan wajah itu diterima, termasuk potret keluarga. Foto paspor Sir Arthur Conan Doyle tahun 1915 diambil secara tidak sengaja dengan latar istri dan anak laki-lakinya yang duduk di kereta anjing.

  1. Senyum di foto paspor dilarang pada tahun 2004

Seiring dengan mode pakaian yang mengenakan rumbai/jumbai yang panjang dan penutup kepala, senyum dilarang pada foto paspor pada tahun 2004. Hal ini dilakukan untuk membantu teknologi pengenalan wajah yang baru untuk membedakan antara wajah lebih baik.

  1. Warna paspor memiliki arti penting

Paspor biasanya berwarna satu dari empat warna – merah, hijau, biru, dan hitam. Paspor yang dikeluarkan untuk negara-negara di Uni Eropa (UE) cenderung berwarna merah (seperti negara-negara yang ingin bergabung dengan UE, seperti Turki). Sedangkan yang dari negara-negara Islam seperti Maroko, Pakistan, dan Arab Saudi, sering berwarna hijau.

  1. Paspor Norwegia menampilkan gambar aurora borealis

Jika kamu menyinari paspor Norwegia dari bawah dengan lampu ultra-violet A (UV-A), paspor tersebut akan berpendar dan menampilkan gambar cahaya Aurora Borealis yang terkenal di negara tersebut.

  1. Kanada dan Finlandia juga memiliki paspor yang unik

Norwegia bukan satu-satunya yang memiliki paspor keren. Dengan sinar UV, paspor Kanada menampilkan landmark utama negara itu, sedangkan pada sudut kanan bawah paspor Finlandia terdapat gambar rusa besar yang menjadi animasi ketika kamu membolik-balikkan halamannya.

fakta tentang paspor,fakta paspor,foto paspor,paspor,paspor adalah,beda paspor dengan visa,cara mengurus paspor
gambar pada paspor Kanada (sumber gambar: travel.earth)
  1. Kamu bisa mendapatkan cap paspor di lokasi yang tidak biasa

Biasanya, cap paspor atau prangko paspor diberikan di kantor imigrasi yang ada di bandara atau perbatasan negara. Tapi jika kamu berkunjung ke Machu Picchu dan Pulau Paskah, di tempat ini kamu bisa mendapatkan perangko paspor peringatan khusus yang menampilkan kota Inca yang hilang dan patung moai yang terkenal.

  1. Beberapa presiden mendapatkan paspor seumur hidup

Presiden dan keluarga dekat mereka termasuk di antara pejabat yang dibekali dengan paspor diplomatik. Hal ini membuat mereka bebas visa masuk ke banyak negara. Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Presidennya berhak memperoleh paspor diplomatik seumur hidup. Masa berlakunya tentu juga seumur hidup meski mereka sudah tidak menjabat lagi.

fakta tentang paspor,fakta paspor,foto paspor,paspor,paspor adalah,beda paspor dengan visa,cara mengurus paspor
sumber gambar; travel.earth
  1. Ratu Inggris tidak memiliki paspor

Ratu Elizabeth II tidak memerlukan paspor. Karena semua paspor Inggris dikeluarkan atas namanya. Dia hanya harus mengatakan bahwa dia adalah ratu (Elizabeth II). Meski begitu, anggota keluarga kerajaan yang lain masih membutuhkan paspor untuk bepergian ke luar negeri.

  1. Firaun Ramses II punya satu paspor

Fakta tentang paspor yang terakhir ini benar-benar unik dari yang lain. Jika Ratu Elizabeth tidak butuh paspor, Raja Mesir kuno, Firaun Ramses II malah punya satu paspor.

Tetapi bukan ketika dia masih hidup ribuan tahun yang lalu. Melainkan ketika muminya diterbangkan ke Prancis untuk diperbaiki pada tahun 1974. Otoritas Mesir mengeluarkan paspor resmi Mesir. Di identitas paspornya tertulis status pekerjaannya sebagai “Raja (almarhum)”.

 

Bagaimana, unik bukan? Apa kamu tahu fakta tentang paspor yang unik lainnya? Kalau ada, bisa kamu bagikan di kolom komentar.

2 Comments

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: