tips liburan akhir tahun,mrt jakarta,tips liburan akhir tahun di bali,tips persiapan liburan akhir tahun,tips liburan akhir tahun bersama keluarga

13 Tips Liburan Akhir Tahun yang Belum Kamu Ketahui


Sejak resign 2 tahun yang lalu, aku praktis tidak banyak bepergian. Harus kuakui, berkat pekerjaanku saat itu aku banyak mengenal tempat-tempat baru. Aji mumpung, sambil bekerja sekalian menikmati tempat wisata.

Biasanya, sebelum bepergian (berlibur atau karena urusan pekerjaan) kita selalu mencari informasi di internet. Entah tentang tempat wisatanya, informasi budaya, hingga tips liburan. Dari sekian banyak tips liburan yang ada di internet, nyaris semuanya sama saja:

  • Lakukan Survei Lokasi Liburan.
  • Lakukan Pemesanan dari Jauh Hari.
  • Usahakan Pergi Bukan di Musim Liburan.
  • Utamakan Kenyamanan daripada Kemewahan.
  • Bawa Uang Tunai.
  • Catatlah Pengeluaran Selama Liburan.
  • Berbelanja
  • Sedia payung dan jas hujan saat liburan di musim penghujan
  • Dan lain-lain

Kedengarannya membosankan karena aku yakin semua orang pernah membaca dan melakukannya. Sementara saat kita liburan, ternyata ada satu-dua situasi dan kejadian yang tidak terduga, yang sama sekali belum pernah kita ketahui ada di berbagai artikel tips liburan.

Berdasarkan pengalamanku selama traveling dan bepergian, ada beberapa tindakan yang perlu kita antisipasi sebelum berangkat. Dengan tahun baru yang sudah di depan mata, berikut 13 tips liburan akhir tahun yang mungkin belum pernah kamu ketahui:

13 Tips Liburan Akhir Tahun

1. Selalu Memiliki Rencana Cadangan

Dalam setiap merencanakan apapun, aku selalu memiliki rencana cadangan. Tak terkecuali ketika hendak berlibur. Kita tidak akan pernah tahu ada kejadian apa pada waktu liburan kita. Beberapa kejadian tak terduga atau alasan yang sering kualami adalah:


  • Ingin tinggal lebih lama karena jatuh cinta dengan suasana tempat liburan.
  • Menemukan pertemanan baru sehingga ingin menghabiskan waktu liburan bersama
  • Cuaca buruk sehingga ingin cepat pulang

Dengan memiliki rencana cadangan, setidaknya kita terhindar dari kepanikan untuk memenuhi apa yang kita butuhkan. Mungkin itu biaya cadangan untuk memperpanjang sewa penginapan, atau membeli tiket penerbangan secara mendadak.

2. Selalu Membawa Power bank

Salah satu tips liburan akhir tahun terbaik yang aku pelajari adalah selalu membawa power bank atau charger portabel. Tidak peduli seberapa banyak kamu berpikir bisa hidup tanpa teknologi, faktanya adalah sebagian besar hidupmu dan perjalananmu direncanakan di internet dan gadget.

Tidak semua tempat wisata menyediakan colokan listrik dan wifi gratis. Tidak semua restoran atau cafe mengijinkan pelanggannya untuk numpang men-charge baterei gadget mereka.

Nah, ketika ada keperluan penting dan mendadak yang membutuhkan akses internet, setidaknya kamu tidak akan panik jika baterei gadget-mu sudah berkedip-kedip minta diisi ulang.


3. Fotokopi Paspor, KTP & Dokumen Penting Lainnya

Cuma untuk berjaga-jaga seandainya kamu mengalami musibah kecopetan atau dirampok orang saat liburan. Sebelum berlibur, pastikan kamu meng-copy semua dokumen penting, terutama kartu identitas pribadi seperti KTP, SIM, STNK atau Paspor.

Jika (semoga saja tidak) kamu kehilangan dompet dan semua kartu identitasmu ada di dalamnya, kamu masih bisa mengurus beberapa keperluan seperti check in atau mengurus surat kehilangan dengan berkas fotokopinya.

4. Jangan Terlalu Banyak Mengambil Foto Liburan

Memiliki kenangan bahwa kita pernah mengunjugi tempat-tempat indah tentu sangat menyenangkan. Apalagi ketika foto-foto tersebut kita posting di media sosial dan mendapat respon yang bagus, jumlah ‘Like’ yang banyak dan mengundang decak kagum banyak orang.

Tapi, jika kamu benar-benar ingin menikmati liburan, saranku ambil foto secukupnya. Jangan terlalu menyibukkan diri mencari spot foto yang Instagrammable atau memikirkan gaya apa yang paling bagus untuk difoto.

Aku sering melihat orang-orang datang ke tempat liburan hanya untuk menyibukkan diri dengan kamera atau smartphone mereka. Padahal tempat wisata itu sangat indah, sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja pemandangannya.

Ambil satu atau dua foto saja, setelah itu, biarkan dirimu menikmati pemandangan yang disajikan alam, dan anggaplah dirimu beruntung bisa mengunjungi berbagai belahan tempat terindah di dunia.

5. Jalan-jalan Tanpa Rencana

Terus terang aku tidak suka jika ada orang yang mengatur perjalanan liburanku. Aku menyukai kebebasan dan ingin menentukan sendiri tempat-tempat mana yang ingin kukunjungi.

Saat berlibur, aku senang keluar dari hotel, lalu berjalan kaki tanpa tujuan pasti. Hanya untuk sekedar melihat aktivitas penduduk lokal, melihat budaya-budaya setempat yang mungkin tidak akan kudapatkan jika aku hanya berdiam diri di hotel atau ikut tur rombongan.


monumen raja ampat,tips liburan akhir tahun

Justru, dengan berjalan-jalan tanpa arah ini kadang aku bisa menemukan tempat-tempat menarik atau aktivitas budaya lokal yang menakjubkan. Jika aku merasa area tertentu tidak aman atau tidak nyaman, tinggal berbalik arah saja dan segera mencari tempat-tempat yang ramai. Intinya, jangan takut menjelajah.

Saat liburan, cobalah hal-hal baru. Buat aturan bahwa kamu harus melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya di setiap lokasi. Kamu akan menemukan lebih banyak tentang dirimu dan lebih menikmati pengalaman liburan.

6. Gunakan Google Maps untuk Merencanakan Perjalanan

Tak bisa dipungkiri, Google Maps adalah alat yang hebat dan mudah digunakan untuk memandu perjalanan setiap orang. Siapapun yang melakukan suatu perjalanan pasti pernah menggunakan alat navigasi ini.

Gunakan Google Maps untuk merencanakan perjalanan wisata. Di alat navigasi itu, kamu juga bisa membaca terlebih dulu ulasan dari pengguna yang lain sebelum kamu memutuskan jadi atau tidak mengunjungi tempat wisata tertentu.

7. Unduh Peta Offline Google Maps

Satu tips liburan akhir tahun yang berguna dari Google Maps adalah, unduh peta offline yang di area sekitar tempat wisata yang kamu kunjungi. Tandai beberapa tempat penting dan titik-titik wisaya yang mungkin ingin kamu datangi. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan Google Maps bahkan seandainya di sana tidak ada sinyal internet.

8. Jangan Takut untuk Berbicara dengan Orang Asing

Saat liburan, ada banyak orang asing yang tidak kita kenal. Jangan takut untuk berbicara dengan mereka. Entah saat menjawab pertanyaan, atau mungkin kita yang mengawali percakapan.

Jangan sungkan untuk bertanya pada penduduk setempat atau orang-orang lain yang kamu temui sepanjang perjalanan. Kadang, lewat percakapan itu ada hal-hal penting yang bisa kamu pelajari, termasuk tips liburan akhir tahun seperti ini.

9. Hindari Musim Puncak Liburan

Rasanya agak sulit untuk melakukan tips yang satu ini. Karena bagaimanapun juga, waktu yang tersedia untuk liburan hanya ada di musim puncak liburan seperti Hari Raya atau Liburan Akhir Tahun.

Di saat itu, tempat-tempat wisata akan penuh sesak dengan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah. Bagiku, sangat tidak mengenakkan liburan dengan suasana seperti ini. Yang tersaji di depanku seolah hanya pemandangan punggung manusia yang berebut tempat untuk foto-foto selfie.

Jadi, jika kamu ingin menikmati tempat wisata dengan baik dan nyaman, sebaiknya hindari hari-hari liburan yang umum, misalnya Sabtu atau Minggu. Datanglah ke tempat wisata di hari-hari kerja, di mana orang-orang lokal atau penduduk setempat tidak banyak yang ikut datang ke tempat liburan terdekat.

10. Jangan Mudah Tertipu dengan Artikel Tips Liburan Akhir Tahun di Internet

Membaca berbagai tips liburan di internet atau postingan media sosial memang baik, setidaknya kamu tahu apa saja yang harus dilakukan saat berlibur. Namun, tidak semua informasi yang disajikan itu sesuai dengan kenyataan.

Banyak tulisan dan postingan tips liburan atau informasi tempat wisata ditulis dengan judul ‘clickbait’, agar konten mereka menjadi viral. Seperti postingan tentang harga makanan di restoran yang dinilai luar biasa mahal dari harga semestinya. Atau tentang keindahan tempat wisata yang terlalu dilebih-lebihkan, padahal pemandangannya biasa saja.

11. Jika Ingin Melakukan Sesuatu, Lakukan Saja

Jangan biarkan blog, orang, atau grup perjalanan mana pun, mendikte apa yang harus kamu lakukan. Jika kamu bepergian ke kota baru untuk mengunjungi museum karena itu satu-satunya yang ada di daftar perjalananmu, tetapi semua temanmu ingin pergi ke tempat lain, pergi saja ke museum itu dan lakukan apapun yang kamu inginkan.

Percayalah, jika kamu tidak melakukannya dan malah menuruti saran atau nasehat temanmu tadi, kamu akan menyesal.

12. Selalu Membawa Botol Air Kosong

Seberapa sering kamu membeli minuman saat liburan? Kalau terlalu sering, coba kalkulasi berapa rupiah yang kamu habiskan.

Seandainya kamu membawa botol minuman kosong, kamu bisa bayangkan sendiri berapa banyak uang yang dapat kamu hemat. Tak perlu malu jika selama liburan kamu menenteng tumbler atau botol minuman besar dari rumah.

tips liburan akhir tahun,gili trawangan

Kamu bisa mengisinya dengan air minum gratis yang disediakan hotel, atau mengisi ulang di beberapa tempat “water tap” yang sekarang banyak tersedia di tempat-tempat wisata.

13. Hormati Budaya Setempat

Tips terakhir yang mungkin belum pernah kamu ketahui adalah selalu menghormati budaya setempat. Ingat, kamu sedang berada daerah baru yang merupakan rumah orang lain. Dengan menghormati budaya mereka, setidaknya kamu juga bisa menggambarkan identitas budaya dan kepribadian masyarakat daerah asalmu sendiri.

Jika kamu mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau wisata religi, perhatikan apa saja yang harus kamu lakukan untuk menghormati tempat tersebut. Jika memang ada anjuran untuk memberi tip atau sumbangan, jangan pelit untuk merogoh kocek. Anggaplah kamu bersedekah dan ikut berkontribusi melestarikan tempat wisata tersebut.  

Referensi:

101 Best Travel Tips


Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.