5 Karakter Blogger Profesional yang Harus Kamu Miliki

karakter blogger profesional,karakteristik blog,karakter yang harus dimiliki blogger,profesi blogger

Sangat sulit memikirkan jenis pekerjaan rumah yang lebih baik daripada blogging. Banyak orang menganggap, blogging itu mudah dilakukan dan bisa menghasilkan banyak uang.

Secara teori, siapapun bisa menjadi blogger. Setiap orang dapat membuat blog, lalu mengisi blognya dengan berbagai artikel hingga akhirnya menjadi blogger profesional. Tetapi pada kenyataannya? Tidak, tidak sama sekali.

Untuk dapat menjadi blogger profesional, yang blog-nya bisa menghasilkan uang dan menjadi mata pencaharian, seseorang butuh lebih dari sekedar kemauan menulis. Banyak orang yang mulai membangun blog dan ingin menekuni profesi blogger hanya kekurangan kualitas inti atau karakter blogger profesional yang harus dimiliki agar pekerjaan ini benar-benar memberi penghasilan.


5 Karakter Blogger Profesional

Apa saja kualitas inti atau karakter blogger profesional yang harus dimiliki?

1. Etika Kerja yang Kuat

Etos kerja yang kuat adalah karakter blogger profesional yang utama. Blogger adalah enterpreneur, bukan pekerja lepas. Ini yang pertama kali harus dicamkan. Kamu bekerja untuk dirimu sendiri sekarang.

Kamu tidak memiliki majikan atau bawahan lagi. Tidak ada gaji yang ditetapkan dan tidak ada jam kerja yang ditentukan. Tidak ada kantor dan aturan perusahaan yang dirancang untuk mengarahkan pekerjaanmu.

Itu berarti kamu harus bisa bertanggungjawab atas dirimu sendiri. Kamu harus dapat mengatur jadwal dan semua keperluan pekerjaanmu secara mandiri.


Menjadi enterpreneur berarti kamu harus memiliki etos kerja yang kuat. Kamu harus mampu mengikuti jadwal, melampaui tujuan dan harapan pribadi, dan mendorong dirimu sendiri. Karakter inilah yang akan membuatmu berbeda dari blogger biasa dan  akan membuatmu menonjol dari kerumunan blogger lainnya.

Biasanya blogger adalah motivator diri karena banyak dari mereka tidak melihat dampak finansial langsung apa pun dari konten blognya. Banyak blogger menulis di blog mereka sendiri lebih karena keinginan untuk menulis, bukan karena mereka dibayar untuk setiap artikel yang mereka tulis.

Seperti yang ditulis StayOnSearch,

“dibutuhkan seseorang dengan etos kerja yang kuat untuk melihat manfaat jangka panjang dan terus mendorong diri mereka sendiri untuk secara konsisten menghasilkan konten blog yang hebat.”

2. Kesabaran dan Ketekunan

Etos kerja selalu berbanding lurus dengan kesabaran dan ketekunan. Setiap enterpreneur tahu bahwa “kota Roma tidak dibangun dalam satu malam”. Kesabaran dan ketekunan sangat penting dimiliki setiap blogger karena bidang ini bukan cara cepat menuju kekayaan dan kesuksesan.

Blogger harus bekerja keras selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun sebelum melihat buah kerja mereka. Kebanyakan blogger pemula gagal karena tidak memiliki karakter ini dan mereka tidak sabar ingin segera melihat hasil yang diinginkannya datang segera.

Seiring dengan etika kerja yang kuat, kamu harus memiliki kesabaran dan bersedia bekerja tanpa lelah untuk waktu yang lama sebelum mendapatkan hasil dari blogmu. Kamu harus paham bahwa untuk membangun blog yang menghasilkan kamu harus bekerja keras untuk membuat orang membacanya dan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.


Aku tidak pernah berhenti menulis di blog pribadi maupun di blog sosial seperti Kompasiana. Apa yang aku pelajari dari semua artikel yang sudah kubaca dan setiap blogger yang pernah kuajak bicara: Ketekunan adalah kunci sukses jika ingin menjadi blogger.

“Tidak ada di dunia ini yang bisa menggantikan ketekunan. Bakat tidak akan bisa; tidak ada yang lebih umum daripada pria yang tidak berhasil sukses sekalipun memiliki bakat yang baik. Jenius tidak akan bisa; jenius yang tidak dihargai hampir menjadi pepatah. Pendidikan juga tidak akan bisa; dunia ini sudah penuh dengan orang-orang terpelajar yang terlantar. Ketekunan dan tekad adalah mahakuasa bagi kesuksesan. – Calvin Coolidge

3. Keingintahuan dan Keinginan untuk Belajar

Keterampilan utama yang harus dimiliki blogger adalah menulis. Kamu tak perlu kredensial atau gelar apapun untuk bisa menulis di blog. Kamu tidak perlu menjadi penulis pemenang penghargaan, pengembang web, atau pakar pemasaran untuk menjadi blogger profesional.

Kamu hanya butuh kemauan untuk memperbaiki bagian-bagian yang kurang, dan pemahaman bahwa kamu akan selalu perlu belajar lebih banyak. Rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajar ini hanya bisa kamu dapatkan dengan cara banyak membaca.

 “Baca, baca, baca. Baca semuanya – sampah, klasik, baik dan buruk, dan lihat bagaimana mereka melakukannya. Sama seperti tukang kayu yang bekerja sebagai magang dan mempelajari keahliannya. Baca! Anda akan menyerapnya. Lalu menulis. Jika bagus, Anda akan mengetahuinya. Jika tidak, buang ke luar jendela. ” – William Faulkner

Baca juga: Tips Menulis Opini yang Baik

Jika kamu memiliki keterampilan menulis yang baik melalui pengalaman bertahun-tahun, itu akan membantu postingan blogmu tetap menarik dan lebih menyenangkan. Menggunakan tata bahasa yang tepat, kata-kata deskriptif, dan tajuk utama yang menarik dapat membuat pembaca lebih lama terlibat dalam konten di blogmu.

4. Tekad yang Kuat untuk Bertahan

Sebagian besar blogger pemula yang kutemui selalu menyerah di awal. Mereka seperti tidak mau memahami bahwa blogging itu industri yang sangat kompetitif. Blogging secara profesional adalah pekerjaan dengan jam kerja panjang dengan bayaran sangat sedikit di awal waktu membangun karir.

Menjadi blogger profesional berarti kamu harus bersedia menyediakan waktu 24/7. Kamu tidak akan tahu pasti kapan inspirasi menulis itu datang. Kamu bukan lagi bagian dari mereka yang berkata, “Thanks God it’s Friday”. Kamu adalah salah satu dari mereka yang akan bekerja dua atau tiga kali lebih keras hanya untuk dapat mencintai hari Senin sama seperti orang lain mencintai hari Jumat.

Memiliki tekad yang kuat saja belum cukup untuk dapat bertahan di dunia blogging. Agar kamu terlihat menonjol di kerumunan blogger lain, kamu harus inovatif dan memiliki sesuatu yang unik yang bisa kamu tunjukkan pada pembaca.

karakter blogger profesional,karakteristik blog,karakter yang harus dimiliki blogger,profesi blogger
Blogger harus inovatif (ilustrasi diolah dari Canva)

Blogger yang inovatif adalah mereka yang dapat memperluas dan mengeksplorasi topik mereka dengan cara yang tidak dilakukan orang lain.” – Pro Blogger

Dengan kata lain, kamu harus mau membuka jalan baru. Apa pun ceruk yang kamu pilih, betapapun jenuhnya, kamu harus mau menjelajahi wilayah baru dan mengambil banyak lompatan keyakinan untuk dapat berhasil. Apa pun yang kamu pilih untuk ditulis, kamu harus unik.

Blogging itu sulit, dan ini pasar yang sangat jenuh. Setiap orang dapat menjadi blogger, dan banyak orang mencoba melakukannya. Kamu mungkin sudah melihat dan membaca banyak hal yang sama, jadi kamu perlu melakukan sesuatu yang berbeda dan (mungkin) belum pernah dilihat orang sebelumnya.

5. Aktif dalam Jejaring Sosial

Konten adalah Raja. Tapi, konten tanpa distribusi dan promosi seperti raja yang kehilangan mahkotanya. Kamu mungkin bisa menulis konten yang hebat, tapi kalau kamu tidak bisa mempromosikan dan mendistribusikannya, kontenmu tidak akan mendapat banyak pembaca. Menjadi aktif di berbagai jejaring sosial dan terlibat dengan orang-orang secara teratur akan membantu blogger diperhatikan.

Dulu aku berpikir bahwa aku bisa membangun blogku sendirian. Aku dapat mengembangkan traffic blog sendiri, menemukan pemirsaku sendiri, intinya, semua kupikir bisa kulakukan sendirian. Sayangnya, yang sebenarnya terjadi adalah bahwa semua blog lain tumbuh lebih cepat dan blogger bisa sukses karena mereka saling membantu.

Menjadi blogger profesional berarti kamu harus aktif dalam jejaring sosial. Bagi introvert sepertiku, rasanya sulit. Tapi, terlibat dan memiliki jaringan yang luas tidak harus menelpon atau menghubungi setiap orang.

Cara mudah untuk terlibat dalam jaringan di industri ini adalah dengan membantu blogger lain yang lebih dulu eksis. Kunjungi blog mereka, baca dan tinggalkan komentar. Jika kamu secara konsisten mempromosikan konten pengguna lain, pengguna tersebut akan mulai memperhatikan dan membalas budi.

Baca juga: Pembaca yang Baik Meninggalkan Komentar

Nilai Tambah Bagi Blogger Profesional

Alasan utama blogger profesional membangun blog adalah agar dapat menghasilkan dan, cara paling efektif adalah dengan memamerkan ilmunya dalam ceruk yang dipilih. Tapi, semestinya ini bukan satu-satunya alasan.

Blogger yang hebat benar-benar menikmati membantu orang lain. Mendapatkan kepuasan karena membantu orang lain dalam industri yang sama adalah sifat yang dimiliki semua blogger hebat. Meluangkan waktu secara pribadi menjawab pertanyaan yang diajukan menunjukkan bahwa tujuan blogging-mu lebih dari sekedar mencoba menghasilkan uang.


Kamu mungkin juga suka...

(1) Komentar

  1. 6 Topi Berpikir Untuk Menyelesaikan Masalah – Warung Wisata

    […] Baca juga: 5 Karakter Blogger Profesional […]

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: