Ragam Aktivitas Anak-anak untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

liburan akhir tahun,libur akhir tahun,aktivitas anak-anak untuk mengisi liburan,bermain puzzle,download puzzle gambar pdf,download aktivitas anak printable pdf

Libur Akhir Tahun telah tiba!

Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 66 Tahun 2021Tentang Pencegahan dan Penanggulangan  Covid-19 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, kegiatan pembelajaran Semester Ganjil tahun 2021 dinyatakan berakhir pada 24 Desember 2021. Anak-anak pun mulai bisa menikmati liburan akhir tahun.

Para pelaku wisata menyambut gembira kebijakan terbaru ini. Gambaran akan betapa ramainya tempat-tempat wisata di masa liburan akhir tahun kali ini sudah mulai tampak. Maklum, sudah dua tahun masyarakat menahan diri untuk tidak liburan karena pandemi Covid-19.

Meski begitu, jangan terlalu bergembira. Jangan terburu-buru merencanakan tempat-tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Ingat, pandemi Covid-19 belum resmi berakhir.


Varian Omicron masih tetap membayangi kita, dan sekalipun beberapa ahli kesehatan menyatakan varian ini memiliki tingkat keparahan yang lebih rendah daripada varian Delta (dinilai dari proporsi orang yang dites positif yang melaporkan gejala, atau dengan proporsi kasus yang mencari perawatan di rumah sakit setelah infeksi) tetap saja tingkat penularannya sangat tinggi (5,4 kali lebih tinggi daripada varian Delta).

Ragam Aktivitas Anak-anak untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

Alih-alih memenuhi tempat wisata, kita bisa mengisi waktu liburan akhir tahun dengan beragam aktivitas anak-anak untuk mengisi liburan akhir tahun. Aktivitas yang bisa menggantikan waktu layar mereka, sekaligus menjadikan waktu luang mereka lebih bermakna.

Berikut ragam aktivitas menarik bagi anak-anak untuk mengisi liburan akhir tahun 2021:

Bermain Jejak Angka

Bahan: Kertas Karton, sticker angka


Melalui permainan ini, anak-anak bisa belajar mengenal angka sekaligus mengurutkannya. Cara membuat dan memainkannya sangat mudah. Pertama, gambar sketsa sandal (bagian kanan dan kiri) di kertas karton, lalu gunting membentuk sandal. Kemudian kita tinggal menempelkan sticker angka (kita bisa membuatnya dengan mencetak angka dan menempelkannya dengan lem/selotip).

Setelah jadi, susun sandal dari kertas karton tersebut dalam urutan angka yang acak. Kemudian, minta anak-anak untuk mengurutkannya dengan cara meletakkannya di lantai, lalu menginjak sandal kertas tersebut sesuai urutan angkanya.

liburan akhir tahun,libur akhir tahun,aktivitas anak-anak untuk mengisi liburan,bermain puzzle,download puzzle gambar pdf,download aktivitas anak printable pdf
Permainan jejak angka bisa melatih motorik kasar anak sekaligus memperkenalkan angka (dok.pri)

Selain untuk memperkenalkan angka dan mengurutkannya, aktivitas ini juga bertujuan untuk melatih motorik kasar anak-anak. Saat mereka menginjak sandal kertas, ini akan melatih keseimbangan dan kekuatan otot kaki.

Membentuk Huruf

Bahan: flashcard huruf, plastisin/clay

Anak-anak suka bermain plastisin/clay. Membentuk benda-benda tertentu dengan plastisin akan melatih motorik halus anak-anak dan mengembangkan imajinasi mereka.


Selama liburan, kita bisa mengajak anak-anak bermain plastisin dengan cara baru yang mengasyikkan, sekaligus mengenalkan huruf-huruf maupun kata-kata yang mudah pada anak-anak. Caranya mudah, cukup menyiapkan beberapa plastisin (usahakan yang berwarna-warni agar anak-anak tertarik), dan flashcard atau potongan huruf dengan ukuran besar (bisa kita cetak sendiri). Kemudian, minta anak-anak untuk membentuk huruf dengan cara menempelkan plastisin pada flashcard atau potongan huruf tersebut.

Bermain Puzzle

liburan akhir tahun,libur akhir tahun,aktivitas anak-anak untuk mengisi liburan,bermain puzzle,download puzzle gambar pdf,download aktivitas anak printable pdf
Bermain puzzle untuk mengisi liburan akhir tahun (dok.pri)

Permainan puzzle (potongan gambar) sangat berguna untuk melatih keterampilan berpikir kritis anak-anak. Jika kita melatih anak-anak untuk bisa berpikir kritis sejak ini, dalam perkembangan usianya anak-anak dapat mulai membuat keputusan sendiri, untuk memecahkan masalah antara teman atau saudara kandung, hingga meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengatur dan mengidentifikasi emosi mereka.

Di internet, banyak situs yang menyediakan potongan puzzle yang bisa kita cetak sendiri. Kita juga bisa membuat puzzle sendiri dengan cara memotong gambar-gambar tertentu menjadi beberapa potongan, lalu mengacaknya dan meminta anak-anak untuk menyusunnya kembali.


Kamu mungkin juga suka...

Tinggalkan Komentar Ya

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: