cara membuat dalgona coffee,dalgona coffee,bagaimana cara membuat dalgona coffee,dalgona coffee itu apa,berapa lama harus mengaduk dalgona coffee

Cara Membuat Dalgona Coffee yang Mudah


Dalgona Coffee, nama ini mendadak viral di tengah segala macam berita tentang virus corona. Berkat jejaring sosial – terutama Tik Tok dan kemudian menular ke Instagram – kopi krem eksklusif ini menjadi populer dan jutaan netizen mendadak bertanya-tanya bagaimana cara membuat dalgona coffee.  

Asal-usul Dalgona Coffee

Dalgona coffee pertama kali dipopulerkan oleh aktor Korea Selatan, Jung Il-woo, yang mengunjungi Makau. Di sana, Jung Il-woo diberi sajian minuman susu segar yang diberi topping krim kopi. Kunjungan aktor Korea ini lalu ditampilkan di sebuah acara TV Korea Selatan yang disebut Pyunstorang (“Fun-Staurant”). Sejak itu, minuman ini langsung populer di kalangan milenial Korea Selatan, seiring dengan anjuran pemerintah setempat untuk social distancing dan mengisolasi diri di rumah saja selama pandemi covid-19.

Nama Dalgona sendiri adalah sebutan warga Korea Selatan untuk honeycomb toffee, sejenis permen dengan tekstur yang ringan dan kaku seperti spons berbahan dasar gula merah dan baking soda. Bentuk permen ini mirip dengan bentuk topping dari minuman yang disajikan pada Jung Il-woo sehingga secara spontan masyarakat Korea Selatan menyebutnya sebagai Dalgona Coffee.

Meski dipopulerkan orang Korea Selatan, dalgona coffee ternyata sudah lama dibuat dan dinikmati masyarakat daratan India. Setidaknya itu menurut berbagai artikel yang mendadak muncul setelah minuman ini populer di Tik Tok. Menurut klaim mereka, minuman ini aslinya bernama phenti hui (yang berarti “kopi kocok”), dan telah lama populer di sana sebelum menjadi viral di media sosial.

cara membuat dalgona coffee,dalgona coffee,bagaimana cara membuat dalgona coffee,dalgona coffee itu apa,berapa lama harus mengaduk dalgona coffee
Dalgona Coffee

Cara Membuat Dalgona Coffee

Sepertinya klaim masyarakat India memang benar karena untuk membuat Dalgona Coffee, kita harus mengocok kopi hingga mengental seperti terkaramelisasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut bahan-bahan dan cara membuat dalgona coffee:


Bahan-bahan Dalgona Coffee

  • 4 sdt bubuk kopi hitam instan
  • 4 sdt gula pasir
  • 4 sdt air panas
  • 1 gelas Susu cair (200 ml)
  • Es batu secukupnya (kalau suka dingin)

Cara membuat Dalgona Coffee

1. Masukkan kopi, gula pasir dan air panas ke dalam wadah.

2. Aduk dan kocok bahan-bahan tersebut selama 10 menit atau hingga menjadi foam yang lembut.


cara membuat dalgona coffee,dalgona coffee,bagaimana cara membuat dalgona coffee,dalgona coffee itu apa,berapa lama harus mengaduk dalgona coffee

3. Tuangkan susu cair (dengan es batu kalau suka) ke dalam gelas.

4. Tuangkan perlahan adonan krim kopi ke dalam gelas susu cair

5. Dalgona coffee siap dinikmati

Berapa Lama Harus Mengaduk Dalgona Coffee?

Popularitas dalgona coffee kini juga merambah ke Indonesia. Banyak anak muda yang sedang di rumah saja berkreasi membuat dalgona coffee lalu memajangnya di akun media sosial mereka.

Bahkan penyanyi Raisa pun penasaran bagaimana cara membuat dalgona coffee. Lewat akun twitternya, Raisa bertanya apa itu dalgona coffee. Akun @siapaaloe lalu menjawab dalgona coffee itu : “bawah nya susu , atas nya kopi dikasi gula sama air panas terus diaduk aduk sampe lebaran”.

Dengan polosnya Raisa kembali bertanya,

Ya, mengaduk adonan bubuk kopi hingga menjadi krim memang sulit, dan lama. Apalagi kalau kita mengaduknya dengan sendok biasa.

Kalau nggak mau capek dan pingin cepat, kita bisa mengocok adonan tersebut dengan hand mixer, tapi risikonya adonan itu bisa muncrat kemana-mana karena takarannya yang sedikit. Paling aman, kocok adonan secara manual dengan kocokan telur. Memang lama dan melelahkan, tapi justru itu seninya membuat dalgona coffee.


Oh ya, dalgona coffee ini memang harus dibuat bubuk kopi instan karena mudah mengembang. Mengapa?

Karena dalam satu sachet kopi instan, kandungan kopinya sedikit, dan yang paling banyak adalah bahan tambahannya (kalau tidak percaya lihat bagian belakang sachet kopi instan).

Bagi yang tidak suka dengan kopi, Kamu bisa menggantinya dengan matcha powder, cokelat, atau bahkan susu Milo. Soal rasa, silahkan dicoba di rumah saja ya.


Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.