Ciri-ciri Orang Pintar dan Cerdas Menurut Jeff Bezos

ciri-ciri orang pintar,ciri orang pintar,jeff bezos,ciri-ciri orang cerdas

Seperti apa ciri-ciri orang pintar dan cerdas itu? Bagaimana cara mengenali orang pintar dan cerdas?

Jeff Bezos, pendiri perusahaan online Amazon menjawab pertanyaan tersebut di kantor Basecamp. Pendiri Basecamp, Jason Fried kemudian melaporkannya  di situs Basecamp. Dan, jawaban Jeff Bezos ternyata kebalikan dari pemikiran kebanyakan orang.

Ciri-ciri Orang Pintar dan Cerdas

Kita seringkali (dan mungkin selalu) menganggap orang pintar itu orang yang selalu punya jawaban yang benar. Sering pula kita menganggap orang pintar itu orang yang memiliki pengetahuan yang benar tentang dunia dan bidang keahlian mereka. Kita mengira orang pintar itu orang yang memberikan jawaban yang benar ketika menghadapi masalah yang sulit.


Orang Pintar Banyak Salahnya

Menurut Jeff Bezos justru sebaliknya. Bezos telah “mengamati bahwa orang-orang terpandai terus-menerus merevisi pemahaman mereka, mempertimbangkan kembali masalah yang mereka pikir telah mereka pecahkan. Mereka terbuka untuk sudut pandang baru, informasi baru, ide baru, kontradiksi, dan tantangan untuk cara berpikir mereka sendiri, kata Jason Fried menirukan jawaban bos Amazon.

Dengan kata lain, orang pintar sebenarnya banyak salahnya, dan jujur mengakui kesalahan tersebut lalu memerbaikinya. Orang pintar bukan orang yang konsisten dengan jawaban yang dia miliki.

Jeff Bezos menganggap konsistensi pemikiran bukan sifat yang sangat positif. Ide esok hari yang bertentangan dengan ide hari ini justru merupakan buah pemikiran yang sangat sehat, dan menjadi ciri-ciri orang pintar.

Baca juga: Menjadi Guru TK itu Menyenangkan

Orang Pintar Memiliki Kerendahan Hati Intelektual

Ilmu psikologi modern menyebut sifat fleksibilitas pemikiran ini sebagai kerendahan hati intelektual (intelectual humility). Dalam bahasa sehari-hari, kerendahan hati intelektual adalah kesediaan untuk menerima bahwa kita mungkin salah dan tidak bersikap defensif ketika argumen atau informasi yang tidak menguntungkan posisi kita terungkap.


manfaat membaca bagi penulis,manfaat membaca bagi kesehatan otak,manfaat membaca bagi siswa,manfaat membaca bagi kesehatan mental,ciri-ciri orang pintar
Orang pintar memiliki fleksibilitas pemikiran atau kerendahan hati intelektual (IG Anies Baswedan)

Dalam hal pengambilan keputusan yang baik, kita selalu membicarakan kualitas seperti kecerdasan, kesabaran, rasa ingin tahu, dan pengendalian diri. Tetapi, kita jarang menyebutkan kualitas kerendahan hati intelektual. Padahal menurut studi tentang pengambilan keputusan yang dilakukan tim peneliti dari Duke University, orang yang lebih bersedia menerima gagasan bahwa mereka salah membuat pilihan yang jauh lebih baik.

Deskripsi yang lebih tepat dan lebih sederhana untuk menggambarkan ciri-ciri orang pintar sehingga bisa bijak mengambil keputusan datang dari futuris sekaligus Direktur Palo Altos Institute for the Future, Paul Saffo:

Orang yang pintar dan cerdas adalah orang yang punya pendapat kuat, yang dipegang dengan lemah

Pendapat yang dipegang dengan lemah (dan karena itu sering berubah) penting karena itu berarti kita tidak “terlalu terikat pada apa yang  kita yakini”, yang dapat “melemahkan kemampuan kita untuk ‘melihat’ dan ‘mendengar’ bukti yang bertentangan dengan pendapat kita.”

Menjadi salah, bukanlah tanda kebodohan. Ini adalah tanda keingintahuan, keterbukaan terhadap informasi baru, dan akhirnya kecerdasan.

Jadi, bila kita ingin tahu kecerdasan seseorang, tanyakan berapa kali dia salah. Tanyakan kapan terakhir kalinya dia mengubah pendapat yang diyakininya. Jika dia mengatakan sedikit sekali melakukan kesalahan, mungkin dia tidak secerdas yang dia kira. Bila dia tidak bisa mengingat kapan terakhir kalinya dia mengubah pendapat, mungkin dia tidak sepintar yang dia kira.


Kamu mungkin juga suka...

Tinggalkan Komentar Ya

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: