Eksotisnya Pantai Yang Rusak Di Pantai Pasih Uug 4


 

Mungkin terdengar aneh, jika ada sebuah pantai yang rusak, tapi bisa menjadi tempat wisata yang eksotis. Keanehan ini bisa anda jumpai di Pantai Pasih Uug, pulau Nusa Penida. Oleh wisatawan mancanegara, pantai ini dinamakan “Broken Beach”, karena pasih uug dalam bahasa bali diartikan sebagai pantai yang rusak.

Pantai ini sekilas mirip seperti kawasan wisata Uluwatu yang ada di Pulau Bali. Hanya saja, di Pantai Pasih Uug tidak ada objek wisata seperti pura ataupun kera. Namun, pemandangan di Pantai Pasih Uug ini tidak kalah indahnya dengan Uluwatu. Selain itu, Pantai Pasih Uug jauh lebih tenang dan nyaman karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Hancurnya kawasan ini justru menjadi daya tarik yang sangat luar biasa. Panorama di Pantai Pasih Uug ini sangat indah dan tenang. Anda dapat menyaksikan perpaduan dua objek wisata sekaligus yaitu objek wisata perbukitan hijau dan objek wisata laut biru.

Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, lebih tepatnya di Nusa Penida bagian barat. Untuk menjangkau tempat ini, Anda harus melewati jalan setapak dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Karena jalan raya yang menuju kesana belum sepenuhnya menjangkau sampai ke lokasi.

Layaknya sebagian besar kawasan Nusa Penida yang dihiasi dengan tebing-tebing tinggi, dengan ketinggian mencapai 50-200 meter, Pantai Uug dihiasi dengan tebing yang menjadi pembatas pantai. Namun Anda akan menjumpai sebuah tebing yang berlubang pada bagian tengahnya sehingga nampak menyerupai sebuah terowongan laut. Keberadaan tebing inilah yang menjadi dasar penamaannya, Pasih Uug yang berarti pantai yang patah.


pantai pasih uug

Dari atas tebing Anda bisa melihat air lautnya yang berwarna biru jernih menjadi rumah yang nyaman bagi sejumlah ikan dan biota laut lainnya, terutama ikan pari. Beberapa penyu juga sesekali menampakkan diri di tengah kolam raksasa.

Pemandangan matahari terbenam merupakan pemandangan menarik yang sayang Anda lewati. Dari Sanur, Anda bisa menyewa speedboat selama 30-45 menit atau kapal ferry dari Padang Bai hingga tiba di pelabuhan Nusa Penida. Dari Nusa Penida Anda tinggal menyewa mobil atau motor menuju Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, tempat Pantai Uug berada. Kurang lebih Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk bisa sampai ke pantai ini.

 



Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 pemikiran di “Eksotisnya Pantai Yang Rusak Di Pantai Pasih Uug

  • Nusa Tour Adventure

    Terima kasih sudah mengangkat tulisan Broken Beach Nusa Penida. Banyak tulisan yang memuat Nusa Penida, kunjungan wisatawan terus meningkat. Semua membicarakan pulau kami yang memiliki keunikan dan keindahan alam yang berbeda dengan tempat lainnya. Semoga wisatawan yang ingin mengikuti tour nusa penida, bisa mendapat gambaran sebelum memutuskan berkunjung ke Nusa Penida.
    Terima kasih Warung wisata

    • himam Penulis

      Belum kesana nih. Mudah-mudahan dilancarkan rejekinya biar bisa main lagi ke Nusa Penida, hehehe. Terakhir kali kesana sempat mabuk laut berat karena pas gelombang lautnya besar