Senin, Mei 20admin@warungwisata.com

Empat Gaya Liburan Menyenangkan Ini Bisa Membuatmu Lebih Bahagia

Liburan menyenangkan ke suatu tempat wisata sudah tentu bertujuan untuk membuat diri kita menjadi puas, senang dan bahagia. Tidak ada di dunia ini orang yang sedang berlibur malah menjadi sedih, kecuali jika saat liburan dia sedang terkena musibah.

Tapi, tidak semua liburan yang kita lakukan bisa memuaskan kita serta membuat senang dan bahagia. Terkena macet saat perjalanan, tempat wisata yang terlalu ramai, harga tiket yang mahalnya keterlaluan, fasilitas tempat wisata yang tidak memadai, semua itu bisa membuat liburan kita menjadi tidak nyaman. Ujungnya kita jadi mengeluh. Lantas darimana datangnya bahagia saat liburan dengan kondisi tersebut?

Kalau kamu ingin merasakan liburan menyenangkan dan membuatmu bahagia, atau mempunyai resolusi bahwa di tahun ini kamu harus bahagia, kamu bisa mencoba empat gaya liburan menyenangkan berikut ini.

agar liburan menyenangkan,artikel liburan,cara membuat liburan jadi menyenangkan,cara mengisi liburan,cara mengisi liburan anak di rumah,cara mengisi liburan di rumah,cara mengisi liburan panjang di rumah,cara mengisi liburan tanpa keluar rumah,cerita liburan dirumah,cerita liburan menyenangkan,cerita liburan yang menyenangkan,cerita mengesankan saat liburan,cerita menyenangkan saat liburan,cerita pengalaman liburan,cerita pengalaman menyenangkan,ide liburan keluarga,kegiatan liburan,kegiatan mengisi liburan sekolah
Happy Traveling (shutterstock.com)

Liburan Menyenangkan bersama keluarga atau teman.

Para ilmuwan perilaku telah secara konsisten membuktikan bahwa kebahagiaan individu terkait dengan kebahagiaan orang-orang di sekitar kita. Rencanakan liburan bersama dengan keluarga atau teman. Ajak mereka untuk bersama menikmati fasilitas dan wahana permainan yang ada di tempat wisata. Jangan kamu sendiri saja yang asyik bermain. Tertawa bersama orang lain bisa memberi efek yang positif pada suasana hati. Dengan berlibur bersama, macetnya perjalanan tidak akan terasa. Fasilitas yang buruk di tempat wisata malah bisa jadi bahan diskusi atau bahan pembicaraan yang menyenangkan. Harga tiket atau akomodasi mahal? Justru itulah gunanya berlibur bersama, karena setidaknya kamu tidak akan menanggung biayanya sendirian.

Berinteraksi dengan orang-orang baru.

Jika tidak ada teman atau keluarga yang diajak berlibur, atau kamu lebih senang berlibur sendirian, kamu masih tetap bisa liburan menyenangkan dan merasa bahagia. Caranya, berinteraksilah dengan orang-orang asing yang tidak kamu kenal di tempat wisata, atau saat di perjalanan. Menyapa dan mengajak bicara teman duduk di kereta atau pesawat terbang. Sekedar bertanya hendak liburan kemana. Siapa tahu tujuannya sama dan bisa kamu jadikan rekan perjalanan di tempat liburan nanti. Bahkan, bisa jadi jika kamu bertemu lawan jenis, hubungan ini bisa berlanjut ke jenjang yang lebih serius. Bukankah ini membuat liburanmu menyenangkan dan jadi kenangan yang romantis?

Kuasai ketrampilan baru saat liburan.

Menguasai keterampilan baru juga merupakan cara efektif untuk meningkatkan kebahagiaan dalam waktu jangka panjang (walaupun mungkin membuat frustrasi selama proses berlangsungnya). Jika kamu tidak pernah mendaki gunung, cobalah sesekali mendaki. Jangan langsung mengambil medan gunung yang berat. Tak perlu khawatir masalah perlengkapan karena sekarang banyak usaha persewaan alat-alat pendakian. Kamu juga tidak perlu khawatir akan tersesat, atau merasa berat karena tidak mengerti cara mendirikan tenda atau teknik memasak di alam bebas. Di luar sana banyak komunitas pendaki yang sering mengadakan acara pendakian bersama, juga banyak penyedia jasa wisata yang menyediakan pemandu saat mendaki gunung.

Selain mendaki gunung, alternatif lainnya kamu bisa merencanakan liburan untuk mengasah ketrampilan snorkling atau menyelam. Atau pergi ke tempat wisata di daerah yang bahasanya tidak kamu mengerti supaya kamu bisa belajar menguasai bahasa tersebut. Liburan berbasis sains juga bisa membuat kamu lebih bahagia. Kunjungilah museum, atau wisata heritage dengan pemandu lokal yang mengerti sejarah tempat wisatanya.

Liburan Menyenangkan sekaligus jadi sukarelawan.

Filsuf Yunani Aristoteles mengatakan, esensi kehidupan itu adalah “Melayani orang lain dan berbuat baik”. Terkait dengan pernyataan Aristoteles tersebut, para psikolog percaya bahwa menjadi sukarelawan bisa membuat seseorang merasa lebih puas dalam hidup mereka.

Menjadi sukarelawan bukan hanya saat ada bencana saja lho ya. Ada banyak kegiatan kemanusiaan bernuansa liburan yang bisa kamu ikuti. Misalnya kamu bersama beberapa teman mengadakan acara bakti sosial di sebuah desa terpencil. Bisa juga kamu ikut program relawan yang diadakan sejumlah institusi. Tahun 2015 lalu, KemristekDikti pernah mengadakan program Menyapa Negeriku, yang mana kamu diajak untuk melihat langsung potret pendidikan Indonesia melalui petualangan seru dan mengasyikkan. Tidak hanya itu, para pesertanya juga diajak berpartisipasi untuk berbagi inspirasi di wilayah yang dikunjungi, bisa dengan berbagi cerita maupun menularkan berbagai keahlian kepada masyarakat dan pelajar setempat. Sayangnya, program bagus untuk anak-anak muda ini sudah tidak diadakan lagi.

agar liburan menyenangkan,artikel liburan,cara membuat liburan jadi menyenangkan,cara mengisi liburan,cara mengisi liburan anak di rumah,cara mengisi liburan di rumah,cara mengisi liburan panjang di rumah,cara mengisi liburan tanpa keluar rumah,cerita liburan dirumah,cerita liburan menyenangkan,cerita liburan yang menyenangkan,cerita mengesankan saat liburan,cerita menyenangkan saat liburan,cerita pengalaman liburan,cerita pengalaman menyenangkan,ide liburan keluarga,kegiatan liburan,kegiatan mengisi liburan sekolah

    Volunteer Vacation (rei.com)

Di luar negeri, Volunteer Vacation sudah menjadi tren tersendiri. Beberapa organisasi nirlaba atau biro perjalanan juga banyak memberi kesempatan pada orang-orang di seluruh dunia untuk ikut dalam program liburan sukarelawan mereka. Seperti yang dilakukan Rei Adventures yang bekerja sama dengan Conservation Volunteers International Program. Mereka menawarkan paket perjalanan Volunteer Vacation ke beberapa destinasi wisata di dunia dan mengajak pesertanya untuk ikut dalam program konservasi alam atau situs-situs arkeologi bersejarah.

Tas Travel Yang Aman dan Trendy

Selain empat gaya liburan tadi, ada satu hal lagi yang bisa membuat kamu lebih bahagia saat liburan. Tas travel yang aman atau aksesoris traveling lainnya yang trendy dan berkelas. Tentunya kamu tidak mau saat pergi berlibur barang bawaan kamu mudah tercecer, apalagi sampai kehilangan barang-barang berharga dan dokumen penting lainnya. Nah, untuk memudahkan aktivitas liburanmu sekaligus menjaga barang-barang bawaan kamu tetap aman, kamu bisa menggunakan tas travel Condotti. Tas ini bisa kamu beli di iLotte, mumpung lagi ada diskon. Tas berbentuk backpack ini  sangat ideal untuk digunakan bepergian. Terbuat dari polyester dan anti air. Tas dengan ukuran 29 x 22 x 7cm ini bisa digunakan untuk membawa serta laptop kemanapun kamu pergi. Terdapat 3 kantong berzipper di bagian depan dan 2 hook metal untuk menggantungkan benda yang kamu butuhkan. Dibagian dalam tas terdapat beberapa kompartemen sehingga barang-barang milikmu akan tersimpan dengan rapi.

 

ilotte,istyle,condotti,backpack,liburan,tips liburan,gaya liburan,liburan menyenangkan
Condotti Backpack Black. IDR 854.000

Intinya, liburan tidak harus kamu isi dengan foto-foto selfie di tempat-tempat wisata kekinian. Mungkin itu bisa membuatmu senang, tapi hanya sekejap saja. Setelah itu, tidak ada momen yang bisa kamu kenang dan membuatmu lebih bahagia. Mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat dan hal-hal baru itulah yang bisa membuat dirimu menjadi berbeda.

Nah traveler, itu tadi sekilas info tentang gaya liburan menyenangkan yang bisa membuat kamu lebih bahagia. Pingin tahu inspirasi dan info gaya hidup lainnya? Kamu bisa membacanya di iStyle Indonesia. Di situs keren ini kamu bisa mendapatkan berbagai macam artikel bermanfaat tentang berbagai inspirasi dan gaya hidup kaum milenial.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: