Senin, Mei 20admin@warungwisata.com

Gerhana Matahari Total, Indonesia Bakal Banjir Wisatawan Dunia

Bulan Maret 2016 ini, Pulau Sulawesi diprediksi bakal kedatangan wisatawan mancanegara dalam jumlah banyak. Mereka diperkirakan khusus datang untuk menyaksikan sebuah fenomena alam langka, yakni gerhana matahari total. Fenomena langka ini akan jatuh tepat di tanggal 9 Maret 2016.

Lantas, kenapa harus di Sulawesi? Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang akan melewati dua wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Poso dan Kabupaten Luwuk. Gerhana matahari total akan melewati Palu selama 2 menit 4 detik dan Luwuk selama 2 menit 50 detik.

Lalu, apa hubungannya dengan membanjirnya wisatawan ke Pulau Sulawesi? Tak lain karena adanya sebuah artikel khusus di situs CNN Travel yang ditulis oleh Joe Minihane. Artikel berjudul  “World events that’ll shake up your 2016 vacation” menyebutkan bahwa Gerhana matahari total di Indonesia menjadi alasan salah satu kegiatan yang akan menggemparkan dunia.

“Gerhana matahari pada tanggal 9 Maret adalah alasan terbaik untuk mengunjungi Indonesia,” tulis Joe Minihane dalam artikel tersebut.

gerhana matahari total
gerhana matahari total

Ia menuliskan gerhana matahari terbaik dapat dilihat di Pulau Sulawesi. Joe menyebutkan selain memiliki keanekaragaman hayati dan pantai-pantai yang indah, Sulawesi adalah tempat yang cocok untuk melihat fenomena-fenomena di langit secara amatir.

Datang ke Sulawesi untuk melihat gerhana matahari belum lengkap tanpa pesta. Joe menyebutkan terdapat salah satu festival yakni Eclipse Festival di Palu yang menampilkan pertunjukan disk jockey (DC), musik, dan area menonton yang tersembunyi.

Gerhana Matahari merupakan fenomena yang terjadi apabila matahari tertutup oleh bulan. Fenomena gerhana matahari total pada tahun 2016 dianggap sebagai peristiwa langka yang belum dapat disaksikan kembali dalam 40 tahun ke depan.

Nah, jika anda berminat untuk menyaksikan pemandangan gerhana matahari total terbaik dan langka silahkan datang ke Palu, Sulawesi Tengah. Tapi, jika sudah terjadi gerhana, jangan langsung melihat matahari dengan mata telanjang. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada mata dan pandangan anda.

Gerhana matahari sebaiknya dilihat dengan menggunakan kacamata hita, atau anda bisa melihat melalui pantulan bayangan air.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: