tempat wisata dari bekas tambang,danau salju,danau kaolin

Indahnya “Danau Salju” Di Indonesia Ini 1


Sebagai negara beriklim tropis, tentu saja Indonesia tidak pernah bisa menikmati keindahan gundukan salju sebagaimana di negara-negara dengan 4 musim. Kecuali mungkin di Puncak Jayawijaya yang ada salju abadinya. Tapi, jika anda ingin menikmati keindahan sebuah “danau salju”, anda tak perlu jauh-jauh ke luar negeri seperti Amerika atau Islandia sekalipun. Di Indonesia pun juga ada pesona “danau salju”, meski bukan salju beneran, tapi pemandangan sekitarnya pasti membuat kita takjub dan merasa seperti di negeri dengan iklim bersalju.Simak penuturan rekan Prima H. Sutiyono berikut ini, sebagaimana dicuplik dari akun facebooknya.

 

Ini bukan di Iceland atau di belahan dunia yang memiliki salju. Ini masih ada di Indonesia, di Pulau Bangka, tepatnya di Desa Air Bara, perbatasan Kab. Bangka Tengah dan Selatan. Jarak dari Kota Pangkalpinang ke lokasi ini kurang lebih 75 km. Cukuplah waktu 1,5 jam ke sana. Dari Pangkalpinang, ikuti saja jalan ke arah Bangka Selatan (Toboali). Setelah melewati Koba, carilah Simpang Bemban. Di situ belok kanan ke jalan tanah merah/puru. Satu kilo kemudian, ketemu Kolong Kaolin yang sangat memesona. Kolong merupakan sebutan masyarakat setempat untuk bekas galian tambang timah yang ditinggalkan begitu saja tanpa diperbaiki lagi menjadi hutan/rawa seperti sebelumnya. Untungnya, bekas tambang yang terbengkalai ini malah jadi sebegini indah.
Saat melihat foto-foto di socmed, saya pikir tempat sebagus ini hanyalah efek kamera atau hasil editan sehingga terlihat jadi indah. Hal ini karena beberapa kali saya dikecewakan oleh foto-foto destinasi di internet. Setelah didatangi ternyata tak sesuai dengan foto. Tapi, Kaolin memang benar-benar indah, airnya biru jernih, tanah/pasir di sekelilingnya putih terlihat seperti hamparan salju. Malah, saya pikir foto-foto saya ini belum bisa mewakili indahnya Kaolin. Airnya benar-benar biru jernih.

12188224_10204491320554716_2423525132262306470_o
Tempat ini belum begitu ramai dikunjungi jadi kita bisa dengan leluasa menikmati indahnya “danau salju” tanpa terganggu oleh ramainya pengunjung. Tempat ini memang belum dianggap sebagai tempat wisata sehingga belum ada tanda-tanda peringatan di tempat-tempat tertentu. Padahal, banyak spot yang cukup berbahaya, terutama di tebing-tebingnya. Tanah putih di sekelilingnya ini didominasi oleh pasir (atau sejenisnya entah apa) yang rentan gugur/longsor saat terinjak. Semoga pemda setempat segera membuat papan peringatan di tempat berbahaya tersebut dan yang lebih penting, masyarakat dan pengunjung bisa sama-sama menjaga tempat ini agar tetap bersih, putih, dan jernih seperti sekarang.



Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Satu pemikiran di “Indahnya “Danau Salju” Di Indonesia Ini