Jenis Monstera Janda Bolong yang Harganya Puluhan Juta Rupiah

monstera janda bolong variegata albo half moon,monstera janda bolong variegata,harga monstera janda bolong,tanaman monstera,jenis monstera janda bolong,monstera deliciousa,monstera obliqua

Klasifikasi Tanaman Monstera Janda Bolong

Monstera Janda Bolong adalah sebutan lokal untuk tanaman Monstera adansonii, dari keluarga tumbuhan Arum (Araceae). Orang barat menyebut tanaman jenis monstera Janda Bolong ini Swiss Cheese plant, karena daunnya yang berlubang-lubang seperti keju Swiss. Tanaman hias ini juga disebut five holes plant karena jumlah lubang di daunnya ada lima.

Lubang pada daunnya terbentuk alami, bukan karena dimakan ulat apalagi sengaja dilubangi. Karena bentuk daunnya yang unik inilah genus tanaman ini dinamakan Monstera, dari kata Latin “monstrous” yang artinya abnormal atau tidak biasa.

Monstera dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter di pepohonan. Tanaman ini memanjat melalui akar udara yang berfungsi sebagai kait di atas cabang. Akar Monstera juga akan tumbuh ke dalam tanah untuk membantu menopang tanaman.


Jenis Tanaman Hias Monstera

Anggota genus Monstera lumayan banyak, tercatat ada 45 spesies yang dibedakan berdasarkan bentuk daunnya. Selain Janda Bolong, keluarga Monstera lain yang biasanya dijadikan tanaman hias adalah Monstera obliqua dan Monstera deliciosa.

Monstera obliqua mirip dengan Janda Bolong, hanya saja memiliki lubang daun yang lebih besar dengan bentuk lubangnya oval memanjang. Helai daun Monstera obliqua juga lebih besar dibandingkan Monstera adansonii.

Sedangkan lubang daun pada Monstera deliciosa melebar sampai ke tepi hingga membuat daunnya seperti terbelah. Tanaman ini dinamakan deliciosa (dari kata delicious) karena buahnya dapat dimakan yang rasanya seperti kombinasi pisang dan nanas.

monstera janda bolong variegata albo half moon,monstera janda bolong variegata,harga monstera janda bolong,tanaman monstera,jenis monstera janda bolong,monstera deliciousa,monstera obliqua
Monstera deliciousa (gardenista.com)

Mengapa Harga Tanaman Monstera Bisa Mahal?

Sebenarnya, tanaman Monstera ini bisa kita jumpai sehari-hari di rumah-rumah penduduk. Itu sebabnya ketika terdengar berita harga Monstera melonjak hingga mencapai jutaan rupiah, banyak pemilik tanaman hias ini terkejut dan tidak percaya.


Tapi memang, bukan sembarang Monstera Janda Bolong yang harganya mencapai puluhan juta rupiah, melainkan jenis tertentu yang unik dan langka. Yakni yang daunnya sudah bermutasi secara alami. Dalam bahasa ilmiah disebut variegata (variegated/beraneka ragam).

Kok bisa?

Baca juga: Kampung Glintung Go Green, Wisata Edukasi Lingkungan

Terjadinya Mutasi Warna Pada Daun Monstera

Ok, mari kita buka kembali pelajaran biologi tentang DNA. Setiap makhluk hidup memiliki DNA yang terbungkus dalam kumpulan kecil yang disebut kromosom. Terkadang, dua jenis kromosom yang berbeda dapat bercampur hingga menyebabkan apa yang disebut mutasi.

Secara alami, proses ini dapat terjadi pada semua makhluk. Pada tumbuhan, mutasinya terjadi pada klorofil, pigmen pembentuk warna hijau pada daun atau batang. Ketika mutasi terjadi, terbentuk jaringan campuran dalam daun: dengan klorofil dan tanpa klorofil. Sehingga kita bisa melihat dua warna atau lebih dalam satu daun yang biasanya bercorak hijau dan perak atau hijau dan kuning pucat.

Contoh tanaman hias yang daunnya multiwarna paling mudah kita temukan pada tanaman puring (Codiaeum variegatum). Warna daunnya bervariasi dari campuran hijau-kuning sampai hijau-ungu.

Tanaman hias lain yang juga mengalami pemultiwarnaan daun (variegation) adalah Breynia disticha atau populer disebut Pretty Pink (sering juga disebut Snow Bush) karena daunnya ada yang berwarna merah muda (pink).


pretty pink,snow bush,bryenia disticha
Pretty Pink atau Snow bush (dokpri)

Khusus untuk keluarga tanaman Monstera, corak daun ini langka terjadi. Seandainya kita punya, lalu kita biakkan, belum tentu tanaman yang baru ini daunnya sama dengan induknya. Inilah yang menyebabkan Monstera atau Janda Bolong yang daunnya bermutasi menjadi mahal harganya.

Jenis Monstera Janda Bolong Variegata

Pada tanaman Monstera variegata, ada dua corak warna daun:

Pertama dan yang umum adalah warna daunnya bercorak marmer: campuran daun hijau dan putih yang terdistribusi merata.

Kedua, dan yang paling langka hingga harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah, adalah Monstera yang daunnya bercorak setengah bulan. Setengah daun berwarna hijau zamrud, setengahnya lagi berwarna putih susu. Garis pemisahnya juga membelah simetris. Sangat indah.

monstera janda bolong variegata albo half moon,monstera janda bolong variegata,harga monstera janda bolong,tanaman monstera,jenis monstera janda bolong
Corak half moon di tanaman Monstera deliciousa (wildleafbristol.co.uk)

Harga Monstera Janda Bolong

Di pasar tanaman hias atau marketplace, Monstera Janda Bolong dijual dengan harga bervariasi, tergantung estetika daunnya. Biasanya, nilai estetika ditentukan dari jumlah lubang pada daun (lima), dan bentuk lubangnya.

Untuk Monstera Janda Bolong non variegata (warna daunnya hanya hijau), harganya antara puluhan sampai ratusan ribu. Sedangkan Monstera Janda Bolong variegata bisa dijual hingga puluhan juta rupiah, terutama yang bercorak setengah bulan (half moon). Di situs marketplace Etsy misalnya, Monstera Janda Bolong Albo Half Moon yang masih kecil dijual seharga US$5.500 atau sekitar 70 juta Rupiah! Sedangkan Monstera deliciosa Albo Marble dijual seharga US$2.399 atau sekitar 34 juta Rupiah.

monstera janda bolong variegata albo half moon,monstera janda bolong variegata,harga monstera janda bolong,tanaman monstera,jenis monstera janda bolong
Monstera Janda Bolong variegata corak half moon seharga 77 juta rupiah (foto: etsy.com/Amethystandoak)

Tips Merawat Monstera Janda Bolong

Perawatan tanaman Monstera sederhana dan mudah. Tanaman ini bisa tumbuh di media apapun. Monstera dikenal sebagai tanaman keras yang tumbuh cepat dalam cahaya yang baik dan hanya perlu disiram secara teratur. Namun, untuk merawat Monstera variegata, perlu perhatian khusus.

Sampai sekarang, ahli botani belum menemukan fungsi corak warna pada daun, kecuali nilai estetika saja. Karena pigmen putih pada daun tidak dapat menyerap sinar matahari, pemilik tanaman Janda Bolong varigata ini harus merawatnya dengan telaten.

Daun yang berwarna hijau harus diberi cahaya ekstra agar tanaman dapat berfotosintesis dengan baik. Jika tidak, varietas Monstera dengan daun berwarna putih-hijau ini rentan layu dan siap-siap saja kamu kehilangan Janda Bolong seharga puluhan juta rupiah!


Kamu mungkin juga suka...

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: