Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Kalender Event Pariwisata Nusa Tenggara Barat 2016

Menjelang pergantian tahun, banyak daerah yang gencar mempromosikan potensi pariwisata mereka, baik wisata alam maupun wisata budaya. Melalui penerbitan Kalender Event Pariwisata, diharapkan informasi mengenai potensi-potensi budaya tersebut bisa sampai dan menyebar luas ke wisatawan-wisatawan yang akan berkunjung. Begitu pula dengan provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam sebuah acara di Gedung Sapta Pesona Jakarta, provinsi Nusa Tenggara Barat resmi meluncurkan Kalendar Event Pariwisata Nusa Tenggara Barat 2016.

“Ini merupakan panduan wisata yang akan menghadirkan jutaan pengunjung. Target kami 3 juta wisatawan untuk tahun 2016,” tutur Lalu Mohammad Faozal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat.

 

Berikut beberapa agenda unggulan yang mungkin bisa jadi pedoman para wisatawan untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat selama tahun 2016.

 

Februari

Pesta Rakyat Bau Nyale
Sebuah perayaan suka cita atas legenda Putri Mandalika yang rela menceburkan diri ke laut daripada dipersunting oleh para putra mahkota kerajaan Lombok. Pesta ini akan digelar di Pantai Kute, Seger, A’an, Lombok Tengah.

Gelar Seni Pelajar
Ajang kesenian yang melibatkan pelajar di seluruh Nusa Tenggara Barat ini akan diselenggarakan pada 19-20 Februari. Taman Budaya akan menjadi ruang bagi para pelajar dan penggiat seni terdahulu untuk menghasilkan inovasi.

Apresiasi Film Nasional
Bioskop keliling menjadi fasilitas hiburan segar yang akan dijumpai oleh masyarakat NTB baik di kabupaten maupun kota. Ragam film nasional akan diputar untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari program televisi yang tidak mendidik. Bioskop ini dapat dinikmati satu kali setiap bulan mulai dari Februari hingga Desember 2016.

Maret

Pergelaran Wayang Kulit Sasak
Kolaborasi antara wayang dengan teater, sendra tari, dan kesenian lainnya akan digelar pada 19 Maret mendatang. Perhelatan ini diharapkan mampu menyulut rasa cinta generasi muda terhadap salah satu kebudayaan asli Indonesia.

April

Tambora Menyapa Dunia
Peringatan 200 tahun letusan gunung Tambora di tahun 2015 berhasil menyita perhatian dunia. Pada 10 April mendatang peringatan akan kembali diselenggarakan sebagai event pariwisata tahunan NTB. Festival Mbojo atau pacuan kuda oleh anak-anak kecil yang digelar mulai 3-10 April turut memeriahkan peringatan Tambora ke-201.

Mei

Festival Nasional Musik Tradisi
NTB mendapat giliran sebagai tuan rumah dari pergelar musik tradisional nasional. Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini belum diketahui tanggal acaranya.

Juni

Lombok Sumbawa Pearl Festival
Untuk ke-6 kalinya festival ini akan digelar untuk memperkenalkan Lombok sebagai daerah penghasil mutiara bertaraf internasional. Kegiatan ini akan mendatangkan berbagai buyers.

Juli

Musikalisasi Puisi dan Olah Seni
Juli 2016 akan menjadi bulan seni bagi NTB. Berbagai macam kelas seni, mulai dari kelas tari, musik, sastra, teater, dan seni rupa akan diselenggarakan untuk melahirkan generasi muda yang kompeten dalam kesenian. Perhelatan ini juga sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengapresiasi hasil karya generasi muda di NTB.

Agustus

Festival Mentaram
Kota Mataram akan menjadi salah satu primadona di kalender wisata 2016. Seluruh budaya yang ada di kota ini dihadirkan, di antaranya Suku Sasak, Sumbawa, Mbojo, Bali, dan masih banyak lagi. Selain itu Bulan Budaya Lombok Sumbawa turut menjadi rangkaian dari festival ini. Selama satu bulan (Agustus-September)wisatawan akan diajak untuk menikmati pagelaran budaya, pameran, serta sarasehan yang dibawakan oleh para seniman dan budayawan NTB.

September

Festival Senggigi
Selama sepekan Lombok Barat akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi, pameran, dan pesta rakyat. Festival yang diselenggarakan di Pantai Senggigi ini akan dimulai pada 16 September mendatang.

Festival Gili Indah
Jika Lombok Barat mempunyai Senggigi, Lombok Utara memiliki Gili Indah yang siap dimeriahkan oleh lomba perahu layar, volly pantai, pesta kuliner, dan banyak acara lainnya.

Festival Moyo
Parade budaya akan digelar di Sumbawa pada 23 September hingga 30 Oktober mendatang. Acara tahunan ini kembali menyajikan atraksi Temung Nguri dan tarian Getap Junjung Pasaji. Tak hanya itu, 24 kecamatan turut memeriahkan rangkaian acara ini.

Oktober

Festival Muharam
Usai terpilih sebagai World’s Best Halal Destination, Lombok memperkuat diri dengan paket wisata Islami. Festival menyambut tahun baru hijiriah ini akan diselenggarakan di Lombok Timur.

Festival Lakey
Ajang lomba surfing terbesar akan diadakan di Hu’u Lakey, Kabupaten Dompu. Para peselancar domestik dan mancanegara akan ditantang untuk menaklukkan salah satu ombak terbaik di dunia.

November

Festival Taliwang
Kegiatan balapan kebo, kebo hias, hingga paralayang akan kembali diselenggarakan.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: