Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Potret Keindahan Desa Ranu Pani Gunung Semeru

Mendaki puncak Gunung Semeru adalah impian bagi hampir semua pendaki gunung. Bagi seorang pendaki gunung, mencapai Puncak Mahameru adalah kebanggaan tersendiri. Medan yang berat, tantangan cuaca alam dan rasa kebersamaan dengan pendaki lain adalah cerita yang akan bisa selalu dikenang. Tapi sebelum mencapai puncak gunung, ada satu keindahan yang patut diabadikan. Desa Ranu Pani, keindahan yang tersembunyi dibalik kemegahan Puncak Mahameru.

Desa Terakhir Sebelum Mencapai Puncak Mahameru

Semeru nyatanya tak hanya soal megah puncak berpanorama negeri di atas awan. Sebelum sampai di akhir perjalanan, kamu akan mendapati banyak titik menarik di sekitar Puncak Mahameru, termasuk Desa Ranu Pani. Berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut, Ranu Pani adalah desa terakhir sebelum mencapai puncak Gunung Semeru.

desa ranu pani,danau ranu kumbolo,mendaki gunung semeru,rute menuju desa ranu pani,keindahan ranu pani,sunrise di ranu kumbolo,desa ranu pani lumahang,desa ranu pane,ranu pane,ranu pani,mendaki gunung,ketinggian desa ranu pani,cara menuju desa ranu pani,desa ranupani,letak desa ranupani
pos desa ranu pani (gambar dari dedlee30.blogspot.co.id)

Desa ini memiliki tiga danau yang terkenal yakni Ranu Pani, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo. Fasilitas di desa ini juga sudah cukup lengkap. Kamu akan mendapati fasilitas berupa homestay, penyewaan alat camping, dan jasa pemandu jika ingin mendaki sampai ke puncak.

Keindahan Desa Ranu Pani

Bagi para pendaki Gunung Semeru, Ranu Pani merupakan pos terakhir untuk pendakian ke Puncak Mahameru. Karena keindahan alam dan adanya danau vulkanik serta keramahtamahan masyarakat Suku Tengger, Desa Ranu Pani menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang senang berpetualang di alam terbuka.

Sekali pun berada di lereng Gunung Semeru, desa ini tidak pernah mengalami ‘bencana alam’ yang diakibatkan oleh gejolak Gunung Semeru. Sebab, jika terjadi peningkatan aktivitas Semeru maka debu vulkanik Semeru senantiasa menyembur ke timur laut, sedangkan Desa Ranu Pani berada di utaranya. Demikian juga, jika terjadi guguran lahar dingin dari Puncak Semeru. Aliran lahar selalu meluncur ke arah timur menuju Lumajang.

Baca Juga: Daftar Taman Nasional di Indonesia

Mayoritas penghuni Ranu Pani adalah suku Tengger. Ada 1.300 jiwa yang menghuni tanah 500 hektar di tengah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani. Hasil utamanya adalah kentang, brambang prey, kobis, dan kadang kala menanam wortel. Maka jangan heran kalau kamu akan menemukan petak-petak sawah yang membentuk pemandangan indah.

desa ranu pani,danau ranu kumbolo,mendaki gunung semeru,rute menuju desa ranu pani,keindahan ranu pani,sunrise di ranu kumbolo,desa ranu pani lumahang,desa ranu pane,ranu pane,ranu pani,mendaki gunung,ketinggian desa ranu pani,cara menuju desa ranu pani,desa ranupani,letak desa ranupani
potret keindahan desa ranu pani (gambar dari agentwisatabromo.com)

Sebagai desa ‘peninggalan para pelarian Majapahit’ warga di sini kebanyakan merupakan penganut Hindu. Sebagian lagi Buddha (Jawa), Islam, dan Kristen. Selain pertanian, desa ini juga menyediakan jasa wisata seperti homestay, persewaan alat camping dan pemandunya. Setiap tahun rata-rata 45 ribu orang melintasi desa ini untuk menuju puncak Semeru atau menikmati keindahan Danau Ranu Kumbolo yang terletak paling tinggi dengan panorama matahari terbit yang mampu membius para pendaki.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: