Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Lima Air Terjun Terindah Di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Daerah Malang memang kaya akan wisata alam yang indah. Selain wisata pantai di Malang yang sudah dikenal banyak orang, wisata air terjun di Malang juga tak kalah indahnya. Dikelilingi oleh enam pegunungan, banyak air terjun atau disebut Coban di Malang yang indah. Berikut kami pilihkan lima Air Terjun terindah di Malang yang wajib kamu datangi saat liburan ke Malang.

1. Air Terjun Coban Supit Urang

 

air terjun coban rondo,air terjun di malang,air terjun indah,air terjun malang,air terjun terindah,air terjun terindah di malang,air terjun yang indah,coban ciblungan,coban di malang,coban nirwana,coban pelangi malang,coban rais,coban rais malang,coban rondo,coban rondo malang,coban rondo waterfall,coban talun malang,coban trisula,coban yang ada di malang,destinasi wisata di malang,destinasi wisata malang,liburan di malang,objek wisata di malang,wisata alam di batu malang,wisata alam di malang,wisata alam malang,wisata daerah malang,coban supit urang,coban srengenge
sumber foto: https://islahagus.blogspot.co.id

Berada di tengah kokohnya benteng bebatuan dengan dikelilingi hutan dan perkebunan warga, Air terjun Coban Supit Urang Malang memiliki panorama yang indah. Kamu yang suka dengan tantangan seperti mendaki, pantas untuk mencoba ke tempat ini karena memang lokasinya yang berada di atas dan diharuskan untuk mendaki tebing terlebih dahulu. Di area ini, terdapat 3 air terjun sekaligus dengan ketinggian yang berbeda-beda dimulai dari Supit urang 1, Supit Urang 2 dan Watu Talang. Deras tidaknya debit air yang turun dari tebing bergantung pada musim hujan sehingga tidak jarang ketika musim kemarau hanya sedikit air yang mengalir di Coban Supit Urang Malang.

Untuk menuju ke Coban Supit Urang tidak begitu sulit waktu perjalanan sekitar 10 menit dari lokasi perkemahan Air Terjun Coban Rondo. Untuk tahap selanjutnya yakni Coban Supit Urang 2 berjarak 100 meter dari lokasi Coban Supit Urang 1 dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki menaiki bukit.

Coban Supit Urang secara administratif terletak di desa Madiredo kec.Pujon kab.Malang. Untuk menuju ke coban supit urang, dari kota Malang ikuti petunjuk ke Batu lalu ikuti petunjuk ke Kediri/Jombang sampai masuk kec. Pujon. Tak jauh setelah melewati taman makam pahlawan (sisi kiri jalan) disisi kanan jalan ada gang yang di depan gang terdapat masjid dan papan petunjuk kamu tinggal mengikuti jalan tersebut dan menanyakan arah ke desa Madiredo. Jangan ragu untuk sering bertanya karena akses jalan cukup membingungkan.

2. Air Terjun Coban Jidor

 

air terjun coban rondo,air terjun di malang,air terjun indah,air terjun malang,air terjun terindah,air terjun terindah di malang,air terjun yang indah,coban ciblungan,coban di malang,coban nirwana,coban pelangi malang,coban rais,coban rais malang,coban rondo,coban rondo malang,coban rondo waterfall,coban talun malang,coban trisula,coban yang ada di malang,destinasi wisata di malang,destinasi wisata malang,liburan di malang,objek wisata di malang,wisata alam di batu malang,wisata alam di malang,wisata alam malang,wisata daerah malang,coban jidor,coban supit urang,coban srengenge,coban ciblungan,air terjun coban jidor
sumber foto: kanalmalang.net

Coban Jidor yang terletak di dusun Bendolawang, desa Ngadirejo, kecamatan Jabung, Malang. Dari kota Malang kamu menuju ke arah Tumpang terus lanjut ke arah Jabung dan menuju ke desa Ngadirejo. Banyaklah bertanya pada warga sekitar karena lokasi air terjun ini cukup tersembunyi.  Jidor dalam bahasa jawa timuran biasa disebut dengan Bedug Masjid atau biasanya untuk mengiringi musik. Nah karena aliran air terjun yang mengalir cukup deras yang berada diketinggian 10 meter. Aliran air terjun yang jatuh ke bawah tersebut memiliki suara layaknya jidor yang di tabuh (di pukul). dari situlah muncul nama Coban Jidor.

3. Air Terjun Coban Srengenge

 

air terjun coban rondo,air terjun di malang,air terjun indah,air terjun malang,air terjun terindah,air terjun terindah di malang,air terjun yang indah,coban ciblungan,coban di malang,coban nirwana,coban pelangi malang,coban rais,coban rais malang,coban rondo,coban rondo malang,coban rondo waterfall,coban talun malang,coban trisula,coban yang ada di malang,destinasi wisata di malang,destinasi wisata malang,liburan di malang,objek wisata di malang,wisata alam di batu malang,wisata alam di malang,wisata alam malang,wisata daerah malang,coban jidor,coban supit urang,coban srengenge,coban ciblungan,air terjun coban jidor,air terjun coban srengenge
sumber foto: kanalmalang.net

Air terjun Coban Srengenge adalah yang paling unik dan juga termasuk air terjun terindah di Malang. Air terjun ini memiliki tiga tingkat yang berurutan, dari air terjun kecil, menengah, hingga yang paling bawah adalah air terjun yang paling besar. Coban Srengenge juga masih alami, karena akses dan lokasi menuju air terjun ini belum banyak diketahui wisatawan. Kalau kamu penasaran ingin menikmati keindahannya, kamu bisa ke arah kecamatan Ampelgading. Dari kota Malang menuju Bululawang, Turen, Dampit kemudian ke desa Tirtomarto di kecamatan Ampelgading. Sampai di sana kamu bisa bertanya arah dusun Sumberwangi, lokasi Coban Srengenge berada. Disini kamu hanya bisa menikmati keindahan air terjun yang paling bawah dan yang terbesar, karena air terjun kedua dan yang pertama berada jauh di ketinggian, dan kamu harus trekking menembus belantara hutan yang cukup sulit dijangkau.

4. Air Terjun Coban Nirwana

 

air terjun coban rondo,air terjun di malang,air terjun indah,air terjun malang,air terjun terindah,air terjun terindah di malang,air terjun yang indah,coban ciblungan,coban di malang,coban nirwana,coban pelangi malang,coban rais,coban rais malang,coban rondo,coban rondo malang,coban rondo waterfall,coban talun malang,coban trisula,coban yang ada di malang,destinasi wisata di malang,destinasi wisata malang,liburan di malang,objek wisata di malang,wisata alam di batu malang,wisata alam di malang,wisata alam malang,wisata daerah malang,coban jidor,coban supit urang,coban srengenge,coban ciblungan,air terjun coban jidor,air terjun coban nirwana,coban nirwana,air terjun coban srengenge,coban srengenge,coban supit urang
foto instagram @darushadi

Kondisi Air Terjun Coban Nirwana mirip dengan air terjun Coban Srengenge, yakni bertingkat. Bedanya, tingkatan air terjun Coban Nirwana cuma dua dan letaknya berdekatan. Air terjun ini termasuk salah satu air terjun yang masih alami dan belum banyak dikenal. Lokasi Air terjun Coban Nirwana berada di desa Sumberbendo, kecamatan Gedangan/Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang. Warga sekitar menyebutnya Coban Gedangan, dan sebagian juga ada yang menyebutnya Coban Mbok Karimah. Entah kenapa disebut dengan nama orang.

5. Air Terjun Coban Ciblungan

 

air terjun coban rondo,air terjun di malang,air terjun indah,air terjun malang,air terjun terindah,air terjun terindah di malang,air terjun yang indah,coban ciblungan,coban di malang,coban nirwana,coban pelangi malang,coban rais,coban rais malang,coban rondo,coban rondo malang,coban rondo waterfall,coban talun malang,coban trisula,coban yang ada di malang,destinasi wisata di malang,destinasi wisata malang,liburan di malang,objek wisata di malang,wisata alam di batu malang,wisata alam di malang,wisata alam malang,wisata daerah malang,coban jidor,coban supit urang,coban srengenge,coban ciblungan,air terjun coban jidor,air terjun coban nirwana,coban nirwana,air terjun coban srengenge,coban srengenge,coban supit urang,air terjun coban ciblungan
sumber foto: kanalmalang.net

Inilah air terjun terindah di Malang. Coban Ciblungan mempunyai pemandangan yang menakjubkan. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, juga tidak berasal dari satu sumber saja. Di tengahnya ada telaga kecil yang tidak terlalu dalam. Jika dilihat lebih dekat, ada tujuh sumber titik air. Satu yang terbesar dan jadi sumber air terjun utama berada diatas ketinggian sekitar 25 meter. Sumber titik air yang lainnya berada di dinding tebing, seolah air muncul langsung dari dinding tanpa ada aliran sungai. Air terjun Coban Ciblungan berada di desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading kabupaten Malang. Dari kota Malang kamu menuju ke arah Dampit, kemudian terus hingga ke desa Tirtoyudo dan lanjut ke arah Purwoharjo, atau PLTA Ampelgading. Lokasinya berada di jalan perbatasan Malang-Lumajang, sebelum gapura perbatasan ada papan penunjuk ke lokasi air terjun Coban Ciblungan.

 

Itu tadi lima air terjun terindah di Malang yang patut kamu kunjungi saat liburan di Malang. Jangan lupa selalu jaga kebersihan saat mengunjungi tempat wisata alam dimanapun juga.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: