the land of the six volcanoes,malang,gunung berapi,wisata,gunung,gunung kawi,gunung bromo,gunung semeru,gunung arjuno,gunung welirang

Malang, The Land Six Volcanoes


Malang, The Land Six Volcanoes

Malang tak hanya dibicarakan mengenai pemandangan indahnya, wahana wisatanya, buah apel atau udara dinginnya. Malang justru memiliki keunikan tersendiri terkait dengan keberadaan gunung berapi. Daerah Malang Raya, yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kota Malang adalah satu-satunya daerah di Indonesia, dan juga mungkin di dunia yang dikelilingi oleh 6 gunung berapi aktif sekaligus. Tak salah jika Malang bisa juga disebut sebagai Land Six Volcanoes.

Andai kita berada tepat diatas langit kota Malang, kita akan bisa melihat deretan gunung berapi yang mengelilingi Malang Raya dari semua arah mata angin, kecuali arah Selatan karena berbatasan dengan Samudera Hindia. Keenam gunung yang mengelilingi Malang termasuk kategori gunung berapi aktif. Apa saja gunung berapi tersebut? Berikut enam gunung berapi yang mengelilingi Malang Raya

Dari kota Malang, terutama jika tidak terhalang bangunan tinggi, di arah barat sana terlihat ada siluet menyerupai perempuan yang sedang tertidur sambil bersedekap tangan. Itulah Pegunungan Putri Tidur. Pegunungan tersebut terlihat di horizon selatan, dan posisinya memanjang dari selatan ke barat laut. Putri Tidur digambarkan dengan posisi telentang, yang mana posisi kepalanya menghadap keatas dengan rambut terurai ke belakang. Siluet tersebut merupakan kumpulan dari tiga gunung yaitu Gunung Butak (bagian kepala, 2868 mdpl), Gunung Kawi (bagian dada atau tangan yang bersedekap, 2651 mdpl), dan Gunung Panderman (bagian kaki, 2045 mdpl). Karena terletak dalam satu punggungan yang sama, Gunung Kawi dan Gunung Butak sering disebut beriringan menjadi Gunung Kawi-Butak. Meski tidak ada catatan letusan dari kedua gunung ini, para ahli volkanologi sepakat bahwa Gunung Kawi-Butak masuk dalam kategori gunung berapi aktif. Bahkan, beberapa ahli vulkanologi juga percaya gunung Kawi menyimpan potensi letusan magma yang sangat dahsyat.

land six volcanoes,malang,gunung berapi,wisata,gunung,gunung kawi,gunung bromo,gunung semeru,gunung arjuno,gunung welirang

Gunung Butak, Kawi dan Panderman membentuk siluet Putri Tidur

Dari Pegunungan Putri Tidur, kita bergeser sedikit ke utara. Disana ada dua gunung berapi aktif, Arjuna dan Welirang. Kedua gunung ini mempunyai dua puncak yang berbeda. Gunung Arjuna memiliki ketinggian 3.339 mdpl sementara Welirang berketinggian 3.156 mdpl. Tapi karena juga terletak dalam satu punggungan, dua gunung ini oleh para ahli vulkanologi disebut beriringan menjadi Arjuna-Welirang. Kedua gunung ini berada di lokasi Taman Hutan Raya Raden Soerjo, dimana didalamnya juga terdapat dua gunung lagi yakni Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II. Gunung Arjuna-Welirang termasuk salah satu gunung yang menjadi salah satu tujuan pendakian favorit. Di Gunung Arjuna, banyak terdapat mitos dan cerita-cerita mistis, seperti Alas Lali Jiwo yang kerap membuat para pendaki tersesat, Pasar Hantu Dieng yang juga dijadikan tempat pemakaman para pendaki yang meninggal dunia, dan puncak Ngunduh Mantu, dimana sering terdengar suara gamelan jawa. Selain itu, juga terdapat banyak petilasan-petilasan yang konon katanya dijaga oleh Bambang Wisanggeni, salah satu anak dari tokoh pewayangan Arjuna. Sementara tipikal gunung Welirang mirip dengan Gunung Ijen di Banyuwangi, dimana kawahnya merupakan tempat penambangan belerang.

land six volcanoes,malang,gunung berapi,wisata,gunung,gunung kawi,gunung bromo,gunung semeru,gunung arjuno,gunung welirang

Gunung Arjuno dan Welirang (fotografer.net)

Diantara Gunung Kawi-Butak dan Arjuna-Welirang, terdapat dua gunung, yakni Gunung Anjasmara (2.288 mdpl) dan Gunung Argowayang (2.162 mdpl). Namun, keduanya berstatus gunung tidak aktif. Dan jika digabungkan, keenam gunung ini mulai dari Gunung Butak sampai ke Gunung Welirang membentuk sebuah bentang pegunungan panjang yang seakan menjadi sebuah tembok besar bagi daerah Malang.


Malang, Land Six Volcanoes

Dua gunung berapi aktif lain yang mengelilingi Malang terletak di sebelah timur dan tenggara. Dibanding empat gunung berapi di wilayah barat sampai barat laut diatas, kedua gunung berapi ini jauh lebih terkenal. Yang pertama adalah Gunung Bromo (2.329 mdpl), mahkota dari semua gunung berapi di Indonesia. Terkenal karena panorama matahari terbitnya, Gunung Bromo bisa jadi merupakan gunung berapi aktif yang paling sering dikunjungi wisatawan. Dan boleh dikata, Gunung Bromo adalah satu-satunya gunung berapi aktif yang paling mudah didaki. Kawasan Gunung Bromo meliputi empat wilayah kabupaten, yakni Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

land six volcanoes,malang,gunung berapi,wisata,gunung,gunung kawi,gunung bromo,gunung semeru,gunung arjuno,gunung welirang

Panorama Gunung Bromo (Robert Machacek: lighthunt.net)

Selama abad 20 dan abad 21, Gunung Bromo telah meletus sebanyak beberapa kali, dengan interval waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Letusan terbesar terjadi 1974, sedangkan letusan terakhir terjadi pada 2015 dan hingga sekarang pun sering terjadi erupsi-erupsi kecil, tapi tidak sampai membahayakan wisatawan yang berkunjung.

Dari semua gunung berapi aktif yang mengelilingi Malang Raya, Gunung Semeru (3.676 mdpl) adalah yang terbesar dan tertinggi. Induk dari semua gunung berapi di pulau Jawa dan Bali. Konon, menurut cerita pewayangan, Gunung Semeru adalah sebuah puncak gunung dari India yang dipindahkan ke Pulau Jawa supaya tidak terombang-ambing dihempas gelombang. Gunung Semeru juga dianggap sebagai Bapak dari Gunung Agung di Bali.

the land of the six volcanoes,malang,gunung berapi,wisata,gunung,gunung kawi,gunung bromo,gunung semeru,gunung arjuno,gunung welirang

Gunung Semeru dari Kota Malang (panoramio.net)

Secara administratif, Gunung Semeru terletak di wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. Pendakian ke Gunung Semeru biasanya dilakukan melalui pintu masuk Gubuk Klakah di daerah Tumpang, Malang. Di jalur pendakian, terdapat danau Ranu Kumbolo yang menjadi lokasi favorit para pendaki untuk berkemah. Ranu Kumbolo berada pada ketinggian 2.400 m dengan luas 14 ha.


Selain keenam gunung berapi aktif tersebut, di kota Malang, the land of the six volcanoes sendiri terdapat kawasan yang menyimpan aktivitas vulkanik. Para ahli vulkanologi menyebutnya Malang Plain, atau Dataran Malang. Terletak di wilayah Telogowaru Kota Malang, hingga desa Kidang, Tumpang Kabupaten Malang. Dataran Malang adalah kumpulan sembilan kerucutmaar, dan sumbat vulkanis. Beberapa kerucut vulkanis diduga merupakan kerucut parasit dari kompleks Kaldera Tengger yang berada di Gunung Bromo.

Dengan letak geografis yang dikelilingi banyak gunung, tak heran jika banyak terdapat wisata-wisata alam yang menakjubkan di Malang Raya. Sebagian besar berupa wisata air terjun, yang dalam bahasa Malang disebut Coban. Yang terkenal antara lain adalah Coban Rondo (lereng Gunung Panderman), Coban Rais dan Coban Talun (lereng gunung Anjasmoro), Air terjun Kakek Bodo (lereng gunung Arjuno), serta Coban Pelangi (pintu masuk gunung Semeru).

 

 


Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.