masjid an nurumi,masjid nurumi yogyakarta,masjid nurumi candisari,masjid an nurumi,masjid an nurumi candisari,masjid an nurumi yogyakarta,masjid kremlin yogyakarta,masjid kremlin candisari,lokasi masjid an nurumi,lokasi masjid nurumi

Masjid An Nurumi Candisari, Unik dan Cantik Dengan Kubah Warna-warni


Jika kamu datang ke Yogyakarta dan berencana untuk mengunjungi Candi Prambanan, kamu akan melewati masjid ini dalam perjalanan melalui Jalan Raya Solo.  Inilah Masjid An Nurumi, masjid unik yang mempunyai kubah berwarna-warni seperti permen. Penduduk sekitar dan wisatawan asing menyebutnya Masjid Kremlin, karena bentuk kubahnya menyerupai kubah Katedral St.Basil di Kremlin, Rusia. Ada pula yang menyebutnya Masjid Permen Lolypop sebab bagian atasnya yang berwarna-warni mengingatkan pada istana permen dalam dongeng anak-anak.

Terinspirasi dari Katedral St. Basil Kremlin

Masjid ini berada di dalam komplek Rumah Makan Ayam Goreng Mbok Berek, dan sengaja di bangun oleh pemiliknya Nur Indarti. Menurut Takmir Masjid An Nurumi, Slamet Budiono Jarod, pendirian masjid ini dulunya atas prakarsa Hajjah Umi Nursalim yang merupakan pemilik Ayam Goreng Mbok Berek dan almarhum ibunya, Nur Indarti (kompas.com). Ketika itu, Hajjah Umi Nursalim dan ibunya, Nurindarti berangkat umrah ke Tanah Suci. Setelah menjalankan ibadah umrah, keduanya pulang melewati Eropa Timur. Di Eropa Timur, Ibu Hajjah Umi Nursalim dan ibunya, Nurindarti singgah di kota Kremlin (Rusia).

masjid an nurumi,masjid nurumi yogyakarta,masjid nurumi candisari,masjid an nurumi,masjid an nurumi candisari,masjid an nurumi yogyakarta,masjid kremlin yogyakarta,masjid kremlin candisari,lokasi masjid an nurumi,lokasi masjid nurumi

masjid an nurumi (panoramio)

Saat di Kota Kremlin itu, keduanya menjalankan ibadah di sebuah masjid yang dikenal dengan sebutan Masjid Kremlin. Terinspirasi dengan bangunan tersebut, keduanya pun lantas berkeinginan membangun masjid dengan arsitektur serupa. Setelah pulang ke Yogyakarta, cita-cita Hajjah Umi Nursalim dan ibunya, Nurindarti pun akhirnya tercapai. Pada tanggal 7 Juli 2005, proses pembangunan masjid di Candisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, mulai dilakukan. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 2007, dan kemudian diresmikan oleh Gubernur Yogyakarta sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta, Sri Sultan HB X.

Baca juga: Desa Wisata Candirejo, desa asli Jawa

Lokasi Masjid An Nurumi 

Keunikan Masjid An Nurumi terletak pada bentuk kubahnya yang memanjang keatas dan dicat berwarna-warni. Selain itu, bagian dalam tepatnya di langit-langit terdapat lima rongga memanjang ke atas. Di dalam rongga yang merupakan bagian dari kubah tersebut terdapat ornamen kaligrafi bertuliskan asmaul khusna

Karena terletak di tepi jalan raya besar yang sering dilewati wisatawan, keberadaan Masjid An Nurumi terlihat mencolok. Banyak pelancong yang menyempatkan untuk berhenti dan mengunjungi masjid ini sekaligus beribadah shalat. Setelah itu mereka biasanya menyempatkan untuk berfoto di depan masjid dengan latar belakang kubah warna-warni.


Lokasi Masjid An Nurumi terletak di Jalan Raya Solo km 15, desa Candisari, Kalasan, Kabupaten Sleman. Buat kamu yang berencana menggunakan transportasi umum untuk mengunjungi masjid An Nurumi dari Istana Sultan, Malioboro, atau Tugu Jogja, lebih mudah jika menggunakan Transjogja Route 1A. Kamu bisa berhenti di Kalasan (14 menit berjalan kaki) atau Candi Prambanan (30 menit berjalan kaki).


Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.