pantai mawun

Menikmati Pesona Pantai Mawun Yang Sedang Naik Daun


Perlahan namun pasti, pulau Lombok menjelma menjadi destinasi wisata utama yang popularitasnya mampu menyaingi Bali. Pulau-pulau kecil yang eksotik, budaya yang masih asli, pemandangan alam yang natural, sertai pantai-pantai indah membuat Lombok banyak dilirik wisatawan. Salah satu pantai di Lombok yang sedang naik daun adalah Pantai Mawun.

Pantai Mawun lokasinya cukup tersembunyi, dan lumayan jauh dari pusat kota Mataram. Terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB jaraknya yang sekitar 60 km bisa ditempuh selama 1,5 jam. Rute yang bisa anda pilih adalah : Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Penujak – Selong Belanak – Pantai Mawun.

Lokasi pantai Mawun diapit oleh dua pantai lain yang juga tak kalah indah, yakni Pantai Kuta Lombok dan Pantai Selong Belanak. Maka, jika anda hendak ke Pantai Mawun, anda pastinya melewati Pantai Selong Belanak. Pantai  ini memiliki hamparan air laut yang berwarna bening biru kehijauan dan hamparan pasir putihnya yang sangat lembut terbentang luas di sepanjang pesisir pantai.

Jika anda melihat Pantai Selong Belanak Lombok dari atas bukit, maka anda akan kagum melihat keindahan pemandangan alam yang diberikan Pantai Selong Belanak Lombok ini. Di sekitar pantai ini anda akan menemukan pemukiman-pemukiman nelayan dengan bentuk bangunan yang masih sangat sederhana dan tradisional. Dengan suasana yang sepi hanya ditemani oleh suara deburan ombak dan tiupan angin laut, akan membuat kita semakin betah untuk tinggal di pantai ini.

pantai selong belanak

Pantai Selong Belanak

Nah, setelah menikmati keindahan Pantai Selong Belanak, barulah anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi utama, yakni Pantai Mawun. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, anda harus membayar tiket masuk, atau anggap saja biaya parkir, sebesar 5 ribu untuk sepeda motor dan 10 ribu untuk mobil.


Sebenarnya, Pantai Mawun adalah bagian dari sebuah teluk yang lokasinya ada di Lombok bagian selatan. Yang unik adalah bahwa kalau di lihat dari atas, garis pantainya punya bentuk yang mirip dengan tapal kuda. Pemandangan makin terlihat eksotis dengan kehadiran 2 bukit bernama Bukit Pengolo dan Bukit Nettem yang letaknya ada pada bagian timur dan barat Pantai Mawun. Posisi kedua bukit yang begitu kentara ini terlihat seperti pintu gerbang yang akan menyambut wisatawan yang datang.

pantai mawun

Pantai Mawun

Pasir putih selembut sutera juga bisa anda temukan di sini. Berjalan-jalan sambil bertelanjang kaki pun tidak masalah karena anda bisa merasakan langsung suasana pantai yang sebenarnya sambil mengitari kawasan Pantai Mawun. Oh ya, pasir putih yang lembut ini lebih banyak terlihat pada sisi pantai bagian tengah. Sedangkan kalau anda melangkahkan kaki ke bagian barat, tekstur pasirnya agak kasar karena sudah ada campuran pecahan karang. Kalau anda hendak berenang, pilihlah lokasi di bagian timur dan barat karena ombaknya relatif tenang, dibandingkan pantai di sisi bagian tengah yang langsung menghadap ke arah Samudera Hindia.


Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.