Minggu, Februari 17admin@warungwisata.com

Museum Panji, Kolam Renang Bersuasana Malang Tempo Doeloe

Tidak banyak wisata taman air atau kolam renang yang mempunyai nuansa seperti pemandian jaman kerajaan. Atau bahkan kolam renang yang juga berfungsi sebagai museum dengan beberapa koleksi benda-benda memorabilia jama perjuangan kemerdekaan. Di Museum Panji, kita bisa mendapatkan keduanya.

Tempat ini memang sebuah museum, tapi sekaligus juga tempat wisata taman air dan kolam renang. Begitu masuk ke dalam, kita akan disambut berbagai ornamen memorabilia yang menggambarkan Malang Tempo Doeloe. Benda-benda tersebut terletak di ruangan sisi sebelah kanan bangunan. Di dalamnya terdapat beberapa peralatan mesin tik jaman dahulu, serta telepon portabel yang pernah dipakai sewaktu kongres KNPI pertama di Malang. Juga benda-benda langka dan bersejarah lainnya.

museum panji,museum panji di tumpang,museum panji malang,museum panji malang jawa timur,museum panji slamet malang jawa timur,museum panji tumpang,museum panji tumpang malang

Kolam Renang ala Pemandian Jaman Kerajaan

Dinding ruangan dihiasi potret para Bupati Malang dari jaman Belanda hingga era setelah kemerdekaan. Di ujung ruangan ada sebuah panggung dengan kursi panjang, layaknya kursi Bupati saat menerima tamu. Panggung ini biasanya digunakan juga untuk pertunjukan wayang kulit atau pentas kesenian. Ruangan sebelah kiri difungsikan sebagai kafe dan restoran. Kursi dan bangkunya juga bercorak jaman dulu dengan meja marmer bundar terletak di tengah.

museum panji,museum panji di tumpang,museum panji malang,museum panji malang jawa timur,museum panji slamet malang jawa timur,museum panji tumpang,museum panji tumpang malang

Yang menarik dari Museum Panji ini adalah kolam renangnya yang terletak di halaman belakang setelah kita masuk ke dalam bangunan museum. Ada 3 kolam renang yang terdapat disini. Satu kolam renang dewasa yang dalam dan dua lainnya kolam renang anak dan keluarga. Ukuran kolam renangnya juga termasuk luas.

 

museum panji,museum panji di tumpang,museum panji malang,museum panji malang jawa timur,museum panji slamet malang jawa timur,museum panji tumpang,museum panji tumpang malang
kolam renang museum panji

Dinding yang mengelilingi kolam renang ini berupa batu bata yang dibiarkan telanjang. Dalam arti tidak dilapisi cat apapun sehingga terlihat lebih alami dan apa adanya. Selain itu, dinding ini juga dihiasi relief-relief yang menggambarkan suasana sehari-hari jaman kerajaan. Ini seolah memberi kesan bagi pengunjung suasana pemandian jaman kerajaan kuno. Sayangnya, beberapa relief mengandung adegan khusus dewasa.

Baca juga: Wisata heritage kota Malang yang lagi ngehits

Untuk tempat bersantai dan beristirahat sementara, pengelola membangun 6 gazebo yang terletak di seberang kolam renang.

Tiket Masuk, Lokasi dan Rute ke Museum Panji

Museum Panji terletak di jalan Raya Slamet, Tumpang, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang, kita bisa mengambil arah ke Sawojajar, terus sampai ke Madyopuro dan Cemoro Kandang. Lokasinya mudah dicapai karena tidak banyak persimpangan jalan. Cukup ikuti jalan lurus hingga sampai ke jalan raya Slamet. Di sebuah pertigaan sebelah kiri jalan ada papan penunjuk jalan ke arah kolam pemancingan, atau jalan raya Bangilan. Nah, kita masuk ke jalan tersebut dan sampailah ke Museum Panji. Tiket masuknya terbilang murah, cuma 20 ribu/orang, kita sudah bisa melihat-lihat koleksi museum sekaligus berenang ala jaman kerajaan.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: