Kamis, April 18admin@warungwisata.com

Pantai Kolbano, Pantai Paling Berkilau Di Indonesia

Pingin tahu pantai mana yang paling berkilau? Datang saja ke Pantai Kolbano. Terletak di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur, Pantai Kolbano terkenal karena kontur pantainya yang berbatu. Bukan sembarang batu, tapi batu-batu kecil berwarna-warni.

Pantai Kolbano bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam dari kota Kupang, NTT. Dari ibukota provinsi ini, sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan perbukitan, dengan jalan yang berkelak-kelok. Untung saja jalannya sudah halus, sehingga perjalanan selama 3 jam tidak akan terasa.

Setelah keluar sejenak dari kota Kupang sebelum lokasi kantor Bupati Kabupaten Kupang. Anda akan mendapati sebuah warung yang menjual jajanan. Ada beberapa macam kue yang dijual, tapi saya sarankan anda membeli Jagung Pulut. Ini adalah jagung rebus, tapi jenis jagungnya berbeda dari kebanyakan. Tekstur daging Jagung Pulut serasa ada yang lengket, seperti saat kita makan ketan. Lumayan, buat makanan ringan sepanjang perjalanan.

Kemudian, selepas dari Kabupaten Kupang, masuklah anda ke wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Salah satu kabupaten termiskin di Indonesia. Di sepanjang jalan, ada beberapa perkebunan Jambu Mete. Setelah itu, anda akan menjumpai areal persawahan yang sudah mengering, karena jarang tersentuh hujan. Anehnya, meski hampir tidak ada tanaman hijau, tapi di areal persawahan tersebut anda akan melihat banyak sapi yang merumput bergerombol. Tidak sekedar puluhan, tapi ratusan sapi yang memenuhi area persawahan kering itu.

Nah, setelah melewati area sawah-sawah kering, barulah kita masuk ke daerah pantai. Dan pantai Kolbano, adalah primadona wisata di Kabupaten TTS ini.

Pantai ini ditandai dengan sebuah batu besar yang menjulang tinggi yang merupakan trademark dari Pantai Kolbano. Para pengunjung bisa menaiki batu besar ini untuk sekedar selfie melalui sebuah terowongan kecil, tak sampai dua meter panjangnya.

DSC04924

Dan, di daratan pantai, terhampar ribuan batu-batu kecil yang berwarna-warni. Kalau anda beruntung, anda bisa mendapatkan batu yang bisa dibuat jadi batu akik.

Sayangnya, ada sedikit gangguan kecil jika kita berkunjung ke Pantai Kolbano. Yakni banyaknya anak-anak dan remaja yang menawarkan batu-batu (yang mereka sebut batu akik). Jika anda tidak segera membeli batu-batuan dari mereka, anda akan terus dirubung. Jadi, saran saya, beli saja daripada diikuti terus menerus. Jangan khawatir masalah harga, karena anak-anak dan remaja itu menjual batu-batu cantik pantai Kolbano murah meriah, cuma seribu-dua ribu rupiah untuk satu batu.

12011201_1655208718095198_1294605050748069005_n

 

2 Comments

  • pantai kolbano indah luar biasa pantai yang batunya bikin aku betah duduh di pinggir pantai rasanya ga mau pulang betah menikmati keindahan pantai kolbano yang airnya hijau biru bikin adem ..pokoke klo k NTT jangan lupa mampir k kolbano

    • himam

      iya, sayangnya kadang banyak orang2 yang sering menawarkan batu-batuan. jadi sedikit mengganggu kenyamanan pengunjung

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: