Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Nikmatnya Rasa Pedas Segar Sambal Bejek Belayu

Bicara mengenai kuliner khas Bali, ingatan kita biasanya langsung tertuju pada Ayam Betutu Gilimanuk, Es Daluman, Sambal Matah atau Lawar Kuwir. Selain nama-nama kuliner tersebut, ada satu lagi kuliner khas Bali yang patut kamu coba. Namanya Nasi Ayam Sambal Bejek Belayu. Yang khas dari kuliner ini adalah sambalnya, yang diolah dari bahan khusus, dan proses pembuatannya khusus pula.

Ketika itu saya mengantarkan seorang rekan dari Jakarta. Setelah berbagai urusannya selesai, rekan saya meminta dicarikan kuliner khas Bali.

“Tapi jangan yang biasa seperti ayam betutu, sudah bosan,” kata teman saya tadi.

Otak saya lalu berputar, memikirkan kuliner Bali apa lagi yang benar-benar khas. Tiba-tiba salah satu teman saya yang asli Tabanan berkata, “Gimana kalau kita ke Belayu saja. Ada kuliner khas Tabanan, Sambal Bejek Belayu namanya”.

Tanpa pikir panjang, kami pun berangkat ke Tabanan. Sesuai dengan namanya, Sambal Bejek Belayu hanya ada di Desa Belayu, Kabupaten Tabanan. Dari kota Denpasar, kami menuju ke arah Kebun Raya Bedugul melalui jalan raya Denpasar-Bedugul.

Di pertigaan Wiros, kami berbelok ke kiri, menyusuri jalan di samping Minimarket Wiros. Ini adalah jalur alternatif yang melewati tempat wisata Alas Kedaton menuju pusat kota Tabanan. Tak sampai 10 menit, kendaraan kami menepi dan berhenti di sebuah warung kecil. Tepatnya di jalan Wisnu Desa Belayu, Kabupaten Tabanan. Di depan warung, terlihat sebuah banner memanjang bertuliskan Warung Sambal Bejek Belayu.

sambal bejek belayu,warung nasi ayam sambal bejek belayu,kuliner bali,wisata kuliner,kuliner di bali,pegipegi,wisata di bali

 

Warung makan itu sederhana saja, beratapkan asbes berlantaikan tanah. Di dalamnya, terdapat deretan kursi kayu dan meja lesehan yang telah terisi penuh oleh para pecinta kuliner Pulau Dewata. Ada yang sedang menyantap makanan, dan banyak pula yang sedang menunggu pesanan Sambal Bejek Belayu yang sedang dibuat oleh tangan Pak Riwin, pemilik warung merangkap koki.

Hampir setiap orang Tabanan kini mengenal kuliner Sambal Bejek Belayu. Saat makan di warung ini, kita bisa melihat langsung proses pembuatan sambalnya. Sesuai namanya, sambal ini dibuat dengan cara dibejek-bejek (mirip dengan diuleg bagi orang jawa).

Bahan pembuatan Sambal Bejek Belayu

Lalu, apa kelebihan Sambel Bejek Belayu ini? Bagi yang baru pertama kali mencicipinya, mungkin akan merasa aneh. Wajar saja karena bahan dasar dari Sambel Bejek Belayu ini menggunakan kuncup bongkot (kecombrang) yang berwarna merah muda. Kecombrang (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah-rempah. Kecombrang yang sering digunakan dalam makanan adalah bagian bunganya yang belum mekar, masih menguncup, serta bagian batangnya.

kecombrang,sambal bejek belayu,bahan sambal bejek belayu,kuliner,wisata kuliner,kuliner khas bali

Selain kecombrang, ada juga cabai, irisan bawang merah, garam yang bergabung jadi satu dalam adonan sambal bejeknya. Otomatis, rasa pedas dan segar menjadi dua rasa yang mendominasi kuliner ini. Dan untuk memecah kedua rasa ini, suwiran ayam goreng yang bertabur di dalamnya menjadi penyeimbang rasanya.

“Semangkuk Sambel Bejek Belayu ini memiliki khasiat kesehatan, seperti bisa mengurangi tensi darah tinggi karena ada bongkot di dalamnya. Karena sehat, masakan sambal ini selalu habis sebelum siang hari. Jadi, agar tidak kehabisan, usahakan sebelum makan siang datang kemarinya,” ujar Pak Riwin menjelaskan kepada kami.

Satu paket nasi sambal bejek Belayu milik Pak Riwin dan Men Kasih  ini terdiri dari sepiring nasi dengan sejenis pepes ati ayam, semangkok sup sayur hijau berkuah bening dengan taburan kecambah/toge, dan tentunya semangkuk Sambal Bejek Belayu yang menjadi primadonanya. Ditambah dengan segelas es teh manis menjadi pelepas dahaga di tengah teriknya suasana Bali.

sambal bejek belayu,kuliner khas tabanan,kuliner bali,warung sambal bejek belayu

Untuk menikmati hidangan khas ini, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar 18 ribu rupiah. Cukup murah untuk ukuran makanan khas Bali. Apalagi ditambah pemandangan Desa Belayu yang menyejukkan mata. Hemmm, memang benar-benar pedas dan menyegarkan.

Rencanakan Libur Tahun Baru bersama PegiPegi

Berburu kuliner khas memang menjadi salah satu agenda wajib saat berlibur. Tapi, adakalanya kita tidak tahu, kuliner apa saja yang lagi nge-hits di daerah tempat wisata yang kita kunjungi. Sebelum merencanakan liburan akhir tahun nanti, kita bisa mencari tahu informasi kuliner khas di daerah lain di Indonesia melalui Travel Tips dari Travel Blog milik Pegipegi. Disana banyak ulasan wisata Indonesia dan kuliner khas daerah yang layak kita kunjungi untuk mengisi libur tahun baru nanti. Kita juga bisa mencari informasi seputar wisata Indonesia lainnya di akun media sosial pegipegi seperti Instagram (@pegi_pegi), Facebook (Pegipegi) dan Twitter (@pegi_pegi)

Atau penasaran ingin mencicipi Sambal Bejek Belayu khas Tabanan? Kalau begitu, buruan pesan tiket pesawat dan hotel di Bali lewat aplikasi pegipegi yang bisa kita unduh secara gratis. Mumpung masih ada waktu sebelum masa libur tahun baru tiba.

 

 

 

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: