Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Scanner Brother Alat Pemindai Yang Efektif Untuk Digitalisasi Dokumen Penting

Harus diakui, meskipun kita sudah hidup di era digital, dimana semuanya serba terkomputasi, fungsi kertas masih belum bisa digantikan. Contohnya nih, kita selalu membubuhkan tanda tangan pada buku tabungan yang berwujud kertas, dokumen untuk kelengkapan kartu identitas, atau surat-surat perjanjian lainnya. Masalahnya, kertas bukanlah bahan yang tahan lama. Kertas adalah salah satu bahan yang mempunyai waktu guna yang cukup singkat. Dan cara untuk melindungi dokumen-dokumen berbahan kertas adalah dengan memindai dan kemudian mendigitalisasikannya. Salah satu alat pemindai, atau scanner yang terpercaya untuk mengamankan dan mendigitalisasikan dokumen penting kita adalah rangkaian unit Scanner Brother alat pemindai yang efektif.

Digitalisasi Dokumen Penting Untuk Bisnis Kita

Tapi tunggu dulu, sebelum kita membahas keunggulan Scanner Brother, pernah tidak kita berpikir mengapa kita masih harus membubuhkan tanda tangan di atas sebuah dokumen perjanjian atau dokumen penting lainnya? Mengapa di era yang semuanya sudah terkomputasi, dokumen kertas masih dibutuhkan dan disimpan? Bagi yang bekerja di bisnis seperti Bank, Asuransi, atau lembaga finansial lain mestinya tahu apa alasannya. Yup, ini karena dalam dunia digital, orang lebih mudah memalsukan apapun dibandingkan secara manual.

scanner brother alat pemindai yang efektif,scanner,scanner brother,scanner bagus,desktop scanner,document scanner,network scanner,harga scanner
(sumber gambar: brother.co.id, grafis pribadi)

Dokumen-dokumen dalam bentuk kertas masih tetap dibutuhkan karena kita memerlukan otentifikasi. Suatu hal yang sampai saat ini masih belum bisa dipecahkan sepenuhnya secara digital. Dalam kasus salah input setoran uang di Bank misalnya, jika nasabah komplain tentunya mereka akan diminta bukti setoran manual bukan? Atau jika ada kasus wan prestasi, bukti fisik berupa perjanjian yang ditulis diatas kertas menjadi bukti yang tak bisa dibantah keabsahannya. Inilah yang disebut otentifikasi dokumen.

Seperti dulu ketika saya bekerja di biro advertising, semua formulir penjualan iklan, atau perjanjian dengan user masih harus tetap dijaga. Tidak boleh hilang, bahkan meskipun formulir penjualan atau perjanjian itu sudah berumur 5 tahun lebih. Gunanya, jika sewaktu-waktu ada pemeriksaan internal, atau ada pelanggaran perjanjian antara kedua belah pihak, maka ada bukti yang bisa diajukan.

Namun, karena kertas tidak bisa tahan lama, tentu kita butuh backup, atau cadangan jika sewaktu-waktu dokumen tersebut lapuk atau bahkan hilang. Selain itu, dokumen kertas juga membutuhkan ruang. Terbayang tidak, berapa file cabinet yang dibutuhkan untuk menampung data-data pasien rumah sakit atau file penjualan dan data nasabah dari perusahaan asuransi atau perbankan? Yang pasti sih, satu ruang kamar tentu tidak cukup.

Satu-satunya cara untuk membuat cadangan, sekaligus memadatkan dokumen penting perusahaan adalah dengan memindai dokumen tersebut dalam bentuk digital. Dan alat pemindainya tentu saja berupa Scanner. Satu-persatu formulir atau dokumen itu dipindai, kemudian hasil digitalnya disimpan dalam folder khusus. Jika tulisan, atau tanda tangan pada kertas formulir penjualan itu tidak terbaca, setidaknya masih ada cadangan berupa bentuk digital.

Saat ini, pemindaian bisa dilakukan dengan beragam gawai. Dengan kamera pun, kita bisa saja memotret dokumen tersebut. Apalagi teknologi kamera sudah sedemikian canggih, hingga bisa menghasilkan resolusi gambar yang besar dan jelas. Bahkan, ada pula aplikasi potret scanner, seperti Photo Scan dari Google yang bisa memotret hasil cetak, baik itu foto maupun dokumen secara jelas. Namun tetap saja hasilnya berbeda jika kita memindainya dengan alat pemindai. Seperti tulisan-tulisan kecil yang tidak mampu ditangkap kamera dengan jelas.

Scanner Brother Alat Pemindai Yang Efektif

Rangkaian produk pemindai, atau Scanner dari Brother adalah alat pemindai yang canggih, sekaligus praktis. Teknologi yang dibenamkan pada rangkaian produk Scanner Brother ini memang tepat untuk para pebisnis dan perusahaan yang menginginkan digitalisasi dokumen sekaligus untuk membackup dan melindungi dokumen penting perusahaan.

Pada alat pemindai jaman dulu, kita harus menaruh kertas atau dokumen satu per satu di layar pemindai, kemudian memencet tombol preview, setelah itu tombol scan di laptop bisa ditekan.

Itu dulu. Sekarang kita tak perlu bolak-balik mengganti kertas dokumen. Scanner Brother seperti pada tipe ADS-2400N bahkan mampu memindai 50 lembar dokumen sekaligus secara bergantian, tanpa harus berulangkali mengganti kertas dokumen yang harus dipindai.

scanner brother alat pemindai yang efektif,scanner,scanner brother,scanner bagus,desktop scanner,document scanner,network scanner,harga scanner
Scanner Brother tipe ADS-2400N dengan kapasitas baki kertas hingga 50 dokumen (sumber gambar: brother.co.id)

Hebatnya lagi, dalam satu kali pemindaian, baki kertas pada Scanner Brother ini bisa diisi kertas dokumen dalam berbagai ukuran. Mulai dari kertas panjang hingga kartu nama plastik berembos/cetak timbul. Tak hanya itu, kita juga tak perlu memencet tombol scan pada laptop, karena Scanner Brother sudah dilengkapi dengan tombol touchscreen berupa layar LCD. Dengan begitu, setiap kertas yang dipindai oleh Document Scanner ini bisa tersimpan secara otomatis di flashdisk yang sudah terpasang pada port USB bagian bawahnya. Dengan begitu, kita tinggal memindahkan file digital yang sudah tersimpan tersebut dalam komputer atau laptop.

scanner,scanner brother,scanner bagus,desktop scanner,document scanner,network scanner,harga scanner,scanner brother alat pemindai yang efektif
file hasil pemindaian akan tersimpan di flashdisk (sumber gambar: brother.co.id)

Desktop Scanner dari Brother ini juga bisa difungsikan sebagai Network Scanner. Biasanya, scanner di kantor menempel pada komputer induk. Jika kita ingin memindai dokumen, otomatis kita harus membuka komputer induk tersebut, dan setelah itu memindahkan file digitalnya ke komputer kita. Berbeda dengan Scanner Brother. Karena sudah dilengkapi dengan teknologi wireless LAN pada unitnya, kita bisa memindai dokumen di komputer atau laptop kita sendiri tanpa harus membuka komputer induk yang dipasangi scanner.

scanner,scanner brother,scanner bagus,desktop scanner,document scanner,network scanner,harga scanner,scanner brother alat pemindai yang efektif
layar touchscreen untuk mengakses menu (sumber gambar brother.co.id)

Tapi, scanner bagus seperti ini biasanya memiliki harga yang mahal. Ah, siapa bilang? Harga scanner Brother masih terjangkau kok. Untuk ukuran scanner dengan teknologi yang canggih dan praktis seperti ini, Scanner Brother dijual mulai dari harga 7 jutaan. Tergantung pada tipe dan spesifikasinya. Untuk ukuran bisnis kecil atau Usaha Kecil Menengah, Brother juga menyediakan scanner portable dengan harga 2 jutaan. Fiturnya juga tidak kalah dengan Desktop Scanner bagi pebisnis.

Nah, sudah tahu kan bagaimana kecanggihan dan fitur dari segi praktis dari Scanner Brother ini? Scanner Brother alat pemindai yang efektif. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Scanner Brother dalam digitilasisasi dokumen penting kita.

Punya ulasan lain tentang Scanner Brother yang efektif ini? Yuk Ikut lomba blog Scanner Brother, lihat keterangan selengkapnya di balik banner di bawah ini:

scanner,scanner brother,scanner bagus,desktop scanner,document scanner,network scanner,harga scanner,scanner brother alat pemindai yang efektif

5 Comments

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: