Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Segarnya Es Kopi Durian Susu di D’Abbrit Cafe Malang

Matahari sudah  lama tenggelam di ufuk barat. Namun hawa dingin yang biasanya menyergap kota Malang di malam hari seperti menghilang. Cuaca terasa panas dan gerah. Mata saya langsung tertuju pada menu Es Kopi Durian Susu ketika malam itu saya berkesempatan mencoba menu-menu kopi di D’Abbrit Cafe.

Jika tidak awas, orang sering melewatkan kedai kopi mungil yang ada di Jalan Pajajaran nomor 16 Kota Malang ini. Letaknya sedikit tersembunyi di balik sebuah komplek bangunan Lembaga Bimbingan Belajar dan Taman Kanak-kanak. Jika datang dari arah selatan atau stasiun Kota Baru, papan nama D’Abbrit Cafe sulit terlihat. Tapi jika kita datang dari arah belakang jalan Pajajaran, kedai kopi yang dikelola Mas Abi ini bisa terlihat jelas.

es kopi durian susu,es kopi durian,d'abbrit cafe,malang sejuta kopi,kopi malang,wisata kuliner malang,kopi aceh wine,wine coffee

Kedai kopi kecil ini menempati dua lantai teratas dari bagian belakang komplek gedung LBB dan TK. Lantai pertama difungsikan menjadi kafetaria untuk menyajikan aneka makanan seperti Cwie Mi, Nasi Goreng, dan beberapa makanan ringan lain seperti French Fries hingga Tahu Petis. Sedangkan lantai teratas digunakan sebagai tempat meracik aneka jenis minuman kopi.

Mas Abi, pengelola sekaligus kadang-kadang bertugas sebagai barista mengatakan kedai kopi ini sebenarnya sudah lama hadir. Namun sempat mati suri dan baru lima bulan ini dia jalankan kembali. Ketika saya ingin merasakan menu Es Kopi Durian, sambil tersenyum Mas Abi mengatakan menu itu banyak disukai pembeli wanita. “Lha, kalau yang beli cowok apa gak boleh mas?” tanya saya bercanda.

Es Kopi Durian Susu

Tak lama kemudian, Es Kopi Durian Susu sudah selesai diracik dan terhidang dihadapan saya. Sebelum mengaduknya, saya mencoba mencicipi setiap bagian isi gelas minuman ini. Bagian bawah berisi durian murni, tengahnya diguyur kopi House Blend, dan ditutup dengan satu cangkir susu cair. Ketika diaduk, semuanya bercampur jadi satu menjadi citarasa durian yang legit. Itulah deskripsi rasa yang bisa saya sebutkan. Kalau gak percaya atau pingin merasakan sendiri, silahkan cicipi segarnya Es Kopi Durian Susu di D’Abbrit Cafe ini. Harganya? Murah kok, cuma 22 ribu per gelasnya.

es kopi durian susu,es kopi durian,d'abbrit cafe,malang sejuta kopi,kopi malang,wisata kuliner malang,kopi aceh wine,wine coffee
menu andalan Es Kopi Durian Susu

Beberapa pengunjung kemudian datang dan memesan aneka minuman kopi. Mas Abi rupanya seorang barista yang handal dan mumpuni. Sewaktu ada pembeli yang datang dan bertanya kopi apa yang enak, Mas Abi tak segan menjelaskan berbagai citarasa kopi yang tersedia di kedai kopinya. Menurut Mas Abi, D’Abbrit Cafe terkenal dengan menu Kopi Lanang, yakni kopi berbiji tunggal yang dia racik dengan sedikit rempah-rempah dan kayu manis. Harganya murah meriah, cuma 5 ribu per gelas. Selain Kopi Lanang, menu andalan yang sering dibeli adalah kopi Arabika Aceh Wine.

Mampir juga disini ya:

Kedai Koempoel Kopi

Warung Mak Beng

Menikmati Arabika Aceh Wine Coffee

Penyebutan wine merujuk pada jenis proses pascapanen yang dialami kopi tersebut dan melahirkan sebuah (yang katanya) cita rasa unik menyerupai aroma wine. Dengan kata lain wine coffee juga bisa disebut dengan coffee fermented atau kopi yang mengalami proses fermentasi sebelum menjadi biji kopi. Ketika saya membuka toples berisi biji kopinya, aroma segar buah-buahan langsung semerbak keluar. Saya pun memesan satu gelas kopi Aceh Wine untuk diincipi, dengan metode V60.

Dan benar saja, rasa pahit kopinya tertutupi oleh rasa asam campuran dari berbagai buah. Saya kemudian bilang ke Mas Abi, kopi ini sepertinya enak jika dihidangkan dingin. Eh, ternyata Mas Abi menyahuti saran saya dengan membuat lagi kopi Aceh Wine, yang kali ini dia campur dengan beberapa butir es batu. Saya akhirnya mencicipi lagi kopi Aceh Wine, kali ini yang versi dingin.

Sembari melayani beberapa pembeli yang datang, Mas Abi bercerita jika program Malang Sejuta Kopi yang digelar ini memberi efek yang positif bagi kedai kopinya. Banyak pembeli baru yang datang dan akhirnya menjadi pelanggan tetap. Menurutnya, kegiatan ini layaknya bentuk promosi yang murah bagi pengusaha kedai kopi, jika dibandingkan mereka berpromosi di media lainnya.

es kopi durian susu,es kopi durian,d'abbrit cafe,malang sejuta kopi,kopi malang,wisata kuliner malang,kopi aceh wine,wine coffee

Ada yang unik dari program gratis minum kopi yang disediakan D’Abbrit Cafe. Jika kedai kopi lain yang ikut event Malang Sejuta Kopi banyak menghidangkan secara langsung kopi Robusta, Mas Abi memilih untuk menyediakan undian. Para pembeli yang ingin kopi gratis diminta untuk mengambil kertas undian, yang didalamnya tertulis kopi apa saja yang bisa dinikmati secara gratis. Jadi, terkadang ada pembeli yang bisa minum gratis kopi Robusta Dampit, ada pula pembeli yang beruntung bisa menikmati gratis Es Kopi Durian Susu, kopi Arabika Aceh Wine, Espresso, Americano dan menu kopi lainnya yang disediakan.

Tak terasa sudah hampir 2 jam berlalu saya menikmati sajian kopi dari D ’Abbrit Cafe dan berbincang hangat dengan pengelola sekaligus baristanya, Mas Abi. Terlihat beberapa pengunjung sudah mampir datang dan pergi, dan semakin beranjak malam sepertinya kedai kopi ini akan semakin ramai pula. Saya pun pamit dengan kondisi perut yang kenyang 3 jenis minuman kopi sekaligus malam ini.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: