Senin, Mei 20admin@warungwisata.com

Sendang Gile, Tiu Kelep Dan Batara Lejang: Trio Air Terjun Paling Cantik Di Lombok

Mungkin hanya di Lombok, anda bisa menikmati tiga lokasi air terjun cantik dalam satu perjalanan lokasi. Ketiga air terjun tersebut adalah Sendang Gile, Tiu Kelep dan Batara Lejang. Terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Ketiganya memang belum setenar spot wisata pantai di Lombok seperti pantai Senggigi, Pantai Kute, atau pulau-pulau kecil trio Gili (Trawangan, Meno dan Air). Tapi, lambat laun pesona wisata air terjun di Lombok Utara ini mampu membius para wisatawan yang datang mengunjunginya.

Ketiga air terjun tersebut merupakan satu rangkaian dari turunnya air yang bersumber dari danau Segara Anakan, di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ada dua rute yang bisa anda lalui untuk mencapai lokasi wisata air terjun ini. Yaitu rute Pusuk, yang melintasi daerah pegunungan dan persawahan. Jalur Pusuk lebih cepat jika dari kota Mataram Lombok dan anda akan menemukan banyak monyet berkeliaran saat melintasi puncak bukit. Sedangkan jalur kedua dan populer adalah melalui kawasan pantai Senggigi. Rute ini sangat disukai karena sebelum sampai di lokasi air terjun Sendang Gile, maka anda disuguhi pemandangan pantai-pantai menarik seperti Batu Bolong, Kerandangan dan Malimbu. Bahkan perjalanan melalui pesisir ini juga dapat melihat trio Gili terkenalnya Lombok (Trawangan, Meno dan Air).

pintu masuk air terjun sendang gile
pintu masuk air terjun sendang gile

Sendang Gile, merupakan lokasi air terjun yang berada paling bawah, sehingga lokasinya lebih mudah dicapai oleh wisatawan. Setelah sampai di pintu gerbang lokasi, anda masih harus berjalan kaki melalui ratusan anak tangga yang menuruni bukit selama sekitar 15 menit. Lelahnya perjalanan langsung dibayar lunas setelah anda melihat pemandangan air terjun Sendang Gile. Air terjun ini muncul dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang cukup deras. Dibawahnya terdapat sungai-sungai kecil sehingga pengunjung bisa berenang atau sekedar mandi.

air terjun sendang gile
air terjun sendang gile

Air terjun yang kedua adalah Air Terjun Tiu Kelep. Untuk lokasinya, Anda harus berjalan kaki sejauh 45 menit. Anda akan melewati sebuah tangga yang cukup curam. Setelah itu, Anda juga akan menyeberangi sungai cukup dangkal. Di sungai, Anda akan merasakan kesejukan aliran air sangat jelas.  Benar-benar menyenangkan dan segar melihat! Air terjun ini cukup tinggi, yang berjarak sekitar 45 meter.

air terjun tiu kelep
air terjun Tiu Kelep

Dan petualangan anda akan menjadi sempurna jika anda bisa mencapai Air Terjun Batara Lejang. Memang Air Terjun Batara Lejang ini tak seindah serta setinggi ke-2 saudaranya, Sendang Gile dan Tiu Kelep. Tetapi, air terjun itu semakin besar dengan posisi masih tetap sangatlah alami dam belum banyak wisatawan yang mengunjunginya.

 

Tidak sama dengan air terjun yang lain di Air Terjun Batara Lejang ini ada sumber air panas yang jernih hingga banyak wisatawan yang berniat datang ke sana untuk berniat menghangatkan tubuhnya. Untuk meraih air terjun teratas ini mesti melalui jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Perjalanan dari pos kontrol pertama hingga pintu rimba dapat ditempuh kurun waktu seputar 30 menit. Setelah itu dari pintu rimba itu, ada jalan setapak menuju Batara Lenjang. Dianjurkan bila mau menuju ke sana untuk menyewa penunjuk jalan (guide) yang disiapkan di pintu masuk atau membawa rekan yang telah pernah ke sana.

batara lejang
Air Terjun Batara Lejang

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: