Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Enam Situs Penyedia Foto Gratis Untuk Blog dan Website

Sebuah tulisan tanpa adanya gambar akan terasa hambar, bagaikan sayur tanpa garam. Gambar atau foto pada tulisan tak hanya membuat isi tulisan lebih semarak dan berwarna. Lebih dari itu, adanya gambar atau foto bisa lebih memperjelas isi atau cerita dari tulisan.

Namun, menemukan sumber yang baik untuk foto atau gambar yang disertakan pada setiap tulisan atau artikel yang kita muat di blog maupun di media sosial bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi jika kita bukan seorang fotografer atau desainer dan tidak mempunyai sumber daya untuk membuat foto atau gambar ilustrasi sendiri. Tentunya kita tidak ingin menempatkan gambar atau foto yang sama untuk setiap artikel yang berbeda bukan?

Bisa saja kita memanfaatkan fasilitas Google Image untuk mencari gambar ilustrasi yang tepat. Masalahnya, semenjak Google memperbarui fitur pencarian gambar di mesin pencarinya, kita setidaknya diminta untuk belajar menghargai hak cipta dari setiap gambar yang termuat disana. Kita dituntut untuk harus berhati-hati dalam memakai gambar milik orang lain yang tersedia di mesin pencari karena

Beruntunglah sekarang ini banyak situs penyedia foto gratis. Sebagian besar dikurasi oleh fotografer dan desainer yang ingin membagikan hasil karya mereka. Situs-situs seperti iStockphoto atau Shutterstock sekarang menjadi populer sebagai sumber rujukan foto dan gambar ilustrasi yang bisa didapatkan secara gratis.

Selain kedua situs tersebut, setidaknya ada empat situs penyedia foto gratis lain yang bisa dijadikan sumber untuk mencari foto atau gambar ilustrasi yang tepat. Sebagian besar foto yang tercantum di dalamnya merupakan domain publik dan gratis untuk penggunaan pribadi atau komersial.

Kecuali beberapa gambar yang menggunakan model orang terkenal/public figure. Namun sebelum kita mengunduh dan kemudian menggunakannya, pastikan kita sudah memenuhi syarat perjanjian lisensi yang ditetapkan. Seperti atribusi pencantuman nama fotografer dan situs penyedia foto gratis yang dimaksud.

Picjumbo

Koleksi foto atau gambar yang terdapat di situs penyedia foto ini bebas untuk digunakan dalam penggunaan pribadi maupun untuk tujuan komersial, asal saja kita jangan menjual ulang. Fitur pencarian foto mudah digunakan.

Kita juga bisa mencarinya berdasarkan kategori yang sudah disediakan. Karena situs ini dibiayai oleh pengiklan, kita harus bersabar sedikit saat menjelajahi koleksi foto yang dimiliki.

Selain menyediakan foto gratis dengan ukuran resolusi yang tinggi, Picjumbo juga menawarkan foto yang masuk kategori premium. Untuk mendapatkannya, pengguna cukup membayar sebesar 6 dolar per bulan dan paket foto akan dikirimkan setiap bulannya melalui email.

Pixabay

Situs ini populer digunakan para blogger yang ingin mewarnai artikel mereka dengan foto dan gambar ilustrasi yang berkualitas. Koleksi foto, gambar seni vektor hingga videonya hingga saat ini sudah mencapai 1,4 juta item.

Di Pixabay kita dapat menemukan dan berbagi foto tanpa batasan hak cipta. Semua gambar dipublikasikan di bawah domain umum komersial. Meski tidak diwajibkan, setidaknya kita bisa menghargai foto yang kita ambil dari situs ini dengan menaruh atribusi nama fotografer atau desainer gambarnya.

website penyedia foto gratis,website penyedia stock foto,web penyedia gambar anime,situs penyedia foto berbayar,situs penyedia gambar bebas hak cipta,situs penyedia stok foto gratis,web penyedia foto hd,website penyedia gambar kualitas hd,situs penyedia gambar kartun,situs penyedia gambar resolusi tinggi,situs penyedia gambar resolusi tinggi gratis,situs penyedia stock foto,website penyedia gambar terbaik,situs penyedia gambar vektor gratis,situs penyedia gambar vector gratis,situs penyedia gambar vector,situs penyedia foto,situs penyedia foto gratis,website penyedia foto
contoh stok foto di pixabay @rawpixel

Yang menarik dari Pixabay adalah dalam setiap foto selalu tercantum data EXIF atau metadata fotonya. Ini sangat berguna bagi kita yang ingin belajar fotografi karena kita bisa tahu teknik pengaturan kamera dari sang fotografer saat memotret obyek foto tersebut.

Stocksnap

Semua foto koleksi StockSnap dilepaskan di bawah Creative Commons yang artinya dapat disalin, dimodifikasi dan didistribusikan untuk tujuan komersial atau pribadi, tanpa meminta izin. Kita juga tidak diharuskan memberikan atribusi. Untuk mendapatkan koleksi foto-foto terbaru, kita cukup mendaftarkan alamat email kita.

Unsplash

Koleksi foto beresolusi tinggi milik Unsplash boleh dibilang merupakan salah satu sumber terbaik untuk foto ilustrasi artikel. Sayangnya, tidak ada fitur kategori yang bisa memandu kita memilih foto berdasarkan tema khusus yang kita inginkan. Di luar kekurangannya tersebut, Unsplash adalah situs penyedia foto tanpa halangan iklan komersial di halamannya.

Nah, itu dia 6 situs penyedia foto gratis yang bisa kamu manfaatkan. Daripada harus membuat ilustrasi sendiri, atau mencuri gambar milik website lain, lebih baik kamu ambil saja foto-foto di website penyedia stok foto yang beresolusi tinggi ini.

 

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: