Sabtu, Februari 23admin@warungwisata.com

Taman Botani Sukorambi, Destinasi Wisata Terlengkap di Jember

Jarang sekali ada tempat wisata yang mempunyai wahana lengkap biaya masuknya murah meriah. Biasanya, untuk masuk ke tempat wisata seperti ini kita harus merogoh kocek yang dalam. Salah satu tempat wisata yang ramah kantong dan mempunyai wahana wisata yang lengkap adalah Taman Botani  Sukorambi, Jember.

Supaya tidak penasaran berapa harga tiket masuk ke tempat wisata yang lengkap ini, saya kasih bocoran: cuma 12 ribu rupiah untuk hari biasa dan 20 ribu rupiah untuk hari sabtu, minggu dan libur nasional. Murah banget kan? Dengan biaya masuk yang sangat terjangkau itu, kita bisa menikmati berbagai sarana rekreasi dan fasilitas pembelajaran yang tersedia di Taman Botani Sukorambi.

Wahana Edukasi Flora dan Fauna di Taman Botani Sukorambi

Memangnya ada apa saja sih di sana?

Sesuai dengan namanya, Taman Botani Sukorambi mengusung konsep One Stop Botanical Garden Leisure. Disini kita bisa belajar tentang seluk beluk botani sekaligus bersenang-senang menikmati wahana yang disiapkan. Untuk sarana belajar, pengelola Taman Botani Sukorambi sudah menyiapkan 500 koleksi flora dan fauna yang tersebar di beberapa sudut taman. Ada pula Bunny and Friends Village, yang berisi ratusan kelinci imut dan lucu. Di area ini kita bisa mempelajari cara memelihara, merawat, dan bermain dengan kelinci.

Tidak suka kelinci? Masih ada koleksi satwa hias yang beragam lainnya. Seperti landak, marmut, aneka jenis burung seperti burung gagak, love bird dan lainnya. Begitu juga dengan koleksi ikan yang cukup banyak, mulai dari ikan koi, nila, gurame, lele, patin dan yang lain. Selain itu, kita juga bisa mengamati perilaku beberapa hewan yang tergolong langka dan dilindungi. Yaitu empat kijang, 12 rusa, dan empat burung merak. Koleksi satwa langka ini ditempatkan di taman yang luas sehingga mudah dilihat oleh pengunjung.

Untuk melengkapi aktivitas belajar pengunjung, Taman Botani Sukorambi membangun sebuah Pondok Bacaan. Bangunan ini menyediakan berbagai koleksi bacaan. Mulai dari buku tentang agama, ilmu pengetahuan, tanaman dan buku lainnya. Suasana yang nyaman dan sunyi membuat pengunjung yang membaca bisa lebih fokus.

Wahana rekreasi terlengkap

Setelah puas belajar, kini saatnya kita bersenang-senang dan menikmati berbagai wahana rekreasi yang ada. Banyak sekali wahana rekreasi yang terdapat di Taman Botani Sukorambi. Kolam renangnya saja ada 6. Dimana lagi kita bisa mendapatkan tempat wisata dengan kolam renang sebanyak ini kalau tidak di Taman Botani Sukorambi? Ada kolam renang dewasa, remaja, dan anak-anak serta tak ketinggalan 2 buah kolam renang pelangi. Yaitu kolam renang yang lantai dasarnya berwarna-warni mirip pelangi. Anak-anak tentunya suka sekali berenang di kolam seperti ini. Semuanya tersegmentasi supaya pengunjung bisa lebih nyaman untuk berenang. Dari keenam kolam renang yang ada, paling menarik adalah kolam renang khusus muslimah.

 

taman botani sukorambi,destinasi wisata jember,jember makin rame,tempat wisata di jember,liburan di jember
kolam renang di Taman Botani Sukorambi (tamanbotanisukorambi.com)

Bagi muslimah yang ingin mendapatkan privasi saat berenang bisa menggunakan fasilitas kolam renang muslimah ini. Setiap orang dikenakan tarif masuk Rp 10.000. Dengan desain lokasi yang benar-benar tertutup, pengelola menjamin yang bisa masuk ke kolam renang ini hanya muslimah. Bahkan, petugas yang melayani pengunjung pun semuanya muslimah. Boleh dibilang Taman Botani Sukorambi sudah menerapkan konsep Halal Tourisme. Dan mungkin ini satu-satunya destinasi wisata Jember serta di Jawa Timur yang punya kolam renang khusus muslimah.

Wahana wisata di sini tak cuma kolam renang saja. Pengunjung juga bisa berpetualang serta menguji adrenalin dengan menjajal Flying Fox Jungle. Ini adalah wahana flying fox menantang dengan panjang sekitar 160 meter dan berangkat dari ketinggian 40 meter. Bisa dibayangkan bagaimana serunya terjun bebas dengan kecepatan kencang melintasi lembah dan pepohonan hijau. Masih ada pula wahana permainan air di sebuah danau buatan dengan sebuah pulau mungil di tengahnya. Disini kita bisa mendayung perahu mengelilingi danau, atau merasakan keseruan berjalan di atas air dengan permainan bola air.

taman botani sukorambi,destinasi wisata jember,jember makin rame,tempat wisata di jember,liburan di jember
wahana permainan air (tamanbotanisukorambi.com)

Selain berbagai sarana belajar dan wahana permainan yang mengasyikkan, kita juga bisa berselfie ria dengan berbagai spot foto yang sangat instagramable. Salah satunya adalah rumah pohon. Dengan tinggi sekitar 5 meter dari permukaan tanah, kita bisa melihat panorama Taman Botani Sukorambi dari ketinggian dan mengambil foto diri dengan latar belakang yang indah.

taman botani sukorambi,destinasi wisata jember,jember makin rame,tempat wisata di jember,liburan di jember
rumah pohon untuk spot foto atau melihat pemandangan sekitar tamanbotanisukorambi.com)

Taman Botani Sukorambi ramah untuk pengunjung difabel

Bila berwisata sendirian kurang mengasyikan, pengunjung juga bisa datang secara rombongan. Dengan luas mencapai 8 hektar, Taman Botani Sukorambi cocok untuk digunakan sebagai tempat outbond bagi karyawan, keluarga, sekolah atau komunitas. Kita tak perlu repot mempersiapkan perlengkapan dan peralatannya karena pengelola Taman ini sudah menyediakan semua.

Selain itu, fasilitas dan prasarana yang ada juga sudah sangat memanjakan pengunjung. Tempat parkirnya luas, bisa menampung hingga 9 bus besar. Jika pengunjung merasa lelah akibat perjalanan jauh misalnya, sudah ada golfcart yang siap mengantarkan kita untuk turun dari area parkir ke tempat wisata. Dengan kapasitas hingga 5-7 orang sekali berangkat, kita cukup membayar Rp 10.000 per orang. Sembari melewati jalanan yang berkelok dan merasakan udara segar dataran tinggi, kita juga bisa menikmati sebagian pemandangan indah dari atas bukit.

taman botani sukorambi,destinasi wisata jember,jember makin rame,tempat wisata di jember,liburan di jember
golf car untuk mengantar pengunjung ke lokasi taman (tamanbotanisukorambi.com)

Fasilitas dan prasarana yang tersedia di Taman Botani Sukorambi tak hanya untuk memanjakan pengunjung biasa saja. Pengelola taman juga sangat concern bila ada pengunjung yang menyandang disabilitas. Di berbagai bagian, pemandu dengan senang hati akan melayani kebutuhan pengunjung yang membutuhkan peralatan khusus. Salah satunya adalah dengan menyediakan kamar mandi khusus bagi pengunjung difabel. Sangat jarang kita jumpai sebuah tempat wisata yang memiliki perhatian khusus bagi pengunjung yang mempunyai keterbatasan fisik, layaknya Taman Botani Sukorambi ini.

Nah, usai belajar dan menikmati berbagai wahana yang ada, tentunya saat pulang kita ingin membawa oleh-oleh. Karena tempat wisata ini sebagian besar berupa taman botani, oleh-oleh yang cocok tentu saja yang berhubungan dengan tanaman. Hortihut dari Taman Botani Sukorambi menyediakan berbagai tanaman yang bisa dibawa pulang. Mulai dari berbagai spesies mangga, jambu, jeruk bali, belimbing, kelengkeng, durian, dan sebagainya. Semua bibit tanaman dijual Rp 20-150 ribu per buah.

Ngomong-ngomong, siapa sih yang punya ide mendirikan tempat wisata yang keren dan lengkap ini? Taman Botani yang terletak di Jalan Mujahir, Sukorambi Jember ini dibangun atas prakarsa bapak H. Abdul Kahar Muzakir. Dengan latar belakang pertanian, beliau tetap ingin produktif meski sudah memasuki usia pensiun. Dipilihlah sebidang tanah di daerah Sukorambi ini untuk dijadikan sebuah taman pertanian, dimana masyarakat nanti bisa belajar seluk beluk pertanian dan perkebunan, sesuai dengan bidang yang digelutinya. Dari tanah dengan luasan kecil yang semula dibuat tambah, Bapak H. Abdul Kahar Muzakir akhirnya berhasil mengembangkannya menjadi sebuah taman botani lengkap dengan wahana rekreasi yang lengkap. Dan dengan keberhasilan beliau mengembangkan tempat wisata ini membuat Jember makin rame dengan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Inspiratif bukan? Semoga kisah bapak H. Abdul Kahar Muzakir yang berhasil mendirikan taman ini bisa menjadi penyemangat kita yang masih muda ini untuk tetap berkarya, sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

 

 

 



			

2 Comments

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: