Jumat, Maret 22admin@warungwisata.com

Tips Berkelana Ke Pulau Alor ala Nam Air

Indonesia terkenal akan pariwisata pantainya. Dengan beribu pulau yang berjajar dari Sabang sampai Merauke, tak heran keindahan pantai-pantai dari kepulauan di Nusantara ini menjadi magnet dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Alor, yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk kamu yang ingin berlibur kesana, berikut tips berkelana ke Pulau Alor ala Nam Air.

backpacker ke pulau alor,cara ke pulau alor,trip ke pulau alor,wisata ke pulau alor,tour ke pulau alor,perjalanan ke pulau alor,travel ke pulau alor,pesawat ke pulau alor,biaya ke pulau alor,keindahan pulau alor,akses ke pulau alor,cara pergi ke pulau alor,dari kupang ke pulau alor,jalan ke pulau alor,jakarta ke pulau alor,jarak alor setar ke pulau langkawi,penerbangan ke pulau alor,paket wisata ke pulau alor,rute ke pulau alor,jarak pulau pinang ke alor setar,transportasi ke pulau alor,traveling ke pulau alor
source:nationalgeographic.co.id

Pesawat Nam Air, sebuah maskapai anak dari Sriwijaya Air yang baru diresmikan di tahun 2013. Keindahan pulau Alor yang sudah terkenal membuat Nam Air membuka jalur ke pulau ini. Menjelajah Pulau Alor tenyata tak seperti kita akan datang ke tempat lain di Indonesia. Jika kamu akan mendatangi pulau indah ini, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan, apa saja itu? Simak tips nya di bawah ini.

Datang di waktu yang tepat

Mendatangi Pulau di NTT ini tak bisa sembarangan, karena jika bukan di bulan Maret – November, cuaca di pulau ini akan sangat tak bersahabat, bahkan selain di bulan tadi, ikan-ikan akan sangat mabuk karena adanya fenomena arus dingin, yaitu arus bawah laut dari Samudera Hindia yang mengalir ke khatulistiwa yang mengakibatkan ikan-ikan mengambang di permukaan karena mabuk. Kecuali jika kamu ingin melihat fenomena ini, datang di bulan Oktober sampai Februari.

Transportasi Ke Alor

Mendatangi Alor, bisa kamu lakukan dengan dua moda transportasi yaitu udara dan laut. Kamu bisa menggunakan Nam Air dengan memesan tiket di traveloka.com/nam-air atau https://www.traveloka.com/nam-air. Penerbangan menuju ke Alor semua berangkat dari Bandara El Tari, Kupang. Bandara ini merupakan gerbang menuju destinasi-destinasi unggulan di NTT. Penerbangan dari Bandara El Tari biasanya hanya di lakukan di siang hari, jadi usahakan datang ke Kupang pagi hari.

Setelah sampai di Alor, kamu bisa menggunakan transportasi umum untuk menjelajahinya, atau menyewa mobil.  Jika kamu ingin menyewa kapal untuk menjelajahi laut Alor, kamu bisa menyewanya di Dermaga Kalabahi, Dermaga Alor Kecil dan Dermaga Kokat.

tips berkelana ke pulau alor ala nam air
source:jogja.tribunnews.com

Persiapkan Uang Tunai

Saat berkunjung ke pulau Alor sebaiknya membawa uang tunai. Karena tidak semua ATM bank dapat ditemukan disini. Kamu pasti tidak mau kan, liburan terhambat karena kekurangan uang tunai? Tapi pastikan kamu membawa uang tunai secukupnya untuk kemanan.

Kuliner ala Alor

Kamu penyuka makanan laut? Karena pulau Alor adalah surga bagi pecinta seafood. Tersedia ikan bakar, sup cakalang yang disajikan dengan perkedel ikan, iya semua serba ikan dan makanan laut lainnya. Atau kamu bisa menikmati sayur jantung pisang yang di beri bumbu pedas, biasanya juga disajikan dengan ikan tuna goreng.

Baca juga : Pantai Kolbano, Pantai Berkilau di Nusa Tenggara Timur

Tak lengkap tanpa snorkling di Alor

Spot unggulan dari pulau Alor adalah Coconut Groove, meski sebenarnya jika kamu memiliki lisensi menyelam akan lebih puas menikmati surge bawah laut Alor. Lautnya sangat jernih jadi kamu bisa dengan sangat puas menikmati ekosistem bawah lautnya.

backpacker ke pulau alor,cara ke pulau alor,trip ke pulau alor,wisata ke pulau alor,tour ke pulau alor,perjalanan ke pulau alor,travel ke pulau alor,pesawat ke pulau alor,biaya ke pulau alor,keindahan pulau alor,akses ke pulau alor,cara pergi ke pulau alor,dari kupang ke pulau alor,jalan ke pulau alor,jakarta ke pulau alor,jarak alor setar ke pulau langkawi,penerbangan ke pulau alor,paket wisata ke pulau alor,rute ke pulau alor,jarak pulau pinang ke alor setar,transportasi ke pulau alor,traveling ke pulau alor
source:furycat.com

Tak Hanya Laut, Kampung Adatnya pun Menyenangkan

Di Alor, masih banyak kampong adat salah satunya adalah Takpala, di sini kamu bisa melihat penduduknya yang masih menggunakan pakaian dari kain tenun yang ditenun sendiri oleh para wanita, penduduknya juga masih mengunyah daun sirih yang menjadikannya semakin terasa tradisional. Untuk mencapai kampong adat ini, kamu bisa menyarter kendaraan umum dari kota Kalabahi, kecuali kamu menyewa mobil untuk berkeliling Alor.

Berkunjung ke Pasar Tradisional

Penduduk Alor sangat ramah, mereka dengan senang hati akan membantumu dalam menunjukan jalan atau hal lainnya, cobalah berkunjung ke Pasar Kedelang, kamu bisa membeli madu hutan yang masih asli dengan kain tenun ikat. Sedikit tips, saat kamu membeli madu hutan, kamu harus sering membuka penutupnya agar tekanan udara di dalamnya tidak meletup-letup.

Gimana, seru kan jika kamu bisa berkelana ke pulau Alor? Nah, segera pesan tiket Nam Air di Traveloka untuk menikmati keindahan alam Pulau Alor.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: