Kamis, April 18admin@warungwisata.com

Tips Memilih Kamar Hotel Yang Aman

Liburan tak hanya tentang kepuasan menikmati suasana tempat wisata. Faktor keamanan dan keselamatan selama liburan, itulah yang seharusnya berada di garis depan prioritas. Baik oleh pengelola, juga oleh wisatawan itu sendiri. Begitu pula saat kita menginap di hotel. Jangan sampai kita terlena oleh kemewahan dan kenyamanan dari hotel. Tetapi abai terhadap keselamatan diri atau barang berharga yang kita bawa serta. Berikut tips memilih kamar hotel yang aman menurut panduan dari International SOS.

Rob Walker, kepala informasi dan analisis untuk keamanan perjalanan di International SOS yang berbasis di London, mengatakan kepada MailOnline Travel bahwa letak atau posisi kamar yang kita pesan berpengaruh terhadap aspek keselamatan saat menginap. Memilih kamar hotel yang aman membuat kita mempunyai peluang lebih besar untuk selamat saat terjadi kebakaran, serangan atau bencana alam. Lalu, seperti apa kriteria letak atau posisi kamar hotel yang aman?

Pertama, pilihlah kamar hotel yang berada di atas lantai satu atau dua, tapi jangan diatas lantai enam atau tujuh. Alasannya,  lantai pertama dan kedua rawan terjadi penyerangan. Dan lantai keenam hingga seterusnya terlalu tinggi jika ada keadaan darurat. jika memang benar-benar keadaan sudah gawat darurat kita masih mungkin untuk melompat turun langsung. Jangan lupa juga, bahwa lantai tiga hingga kelima masih berada dalam jangkauan sebagian besar tangga pemadam kebakaran.

 

booking hotel dengan kartu debit,booking hotel online bayar di tempat,booking hotel online tanpa kartu kredit,booking hotel online terpercaya,booking hotel terpercaya,cara memesan kamar hotel secara langsung,cara pesan hotel di traveloka,memesan hotel,memesan kamar hotel,pemesanan kamar hotel,pemesanan kamar hotel online,pengalaman booking hotel di traveloka,pesan hotel bayar via atm,pesan hotel dengan kartu debit,pesan hotel di,pesan hotel di singapore tanpa kartu kredit,pesan hotel lewat agoda apakah aman,pesan kamar hotel online tanpa kartu kredit,pesan kamar online,pesan penginapan online,pesan sekarang bayar nanti agoda,pesan tiket hotel online,reservasi hotel,situs booking hotel,tips booking hotel murah,tips memilih kamar hotel yang aman,traveloka hotel,voucher hotel murah
kamar hotel di Best Western Resort Kuta

 

Kriteria posisi kamar hotel yang aman berikutnya adalah berada jauh dari lobby, atau tempat-tempat umum seperti restoran hotel. Dua tempat ini yang kemungkinan merupakan titik masuk utama bagi penyerang manapun, seandainya itu terjadi. Namun, pastikan juga bahwa kamar hotel yang kita pilih dekat dengan tangga darurat.

 

Tips Memilih Kamar Hotel Yang Aman

Seiring dengan hal-hal seperti rencana evakuasi darurat yang siap digunakan, Walker merekomendasikan tips memilih kamar hotel yang aman dan beberapa hal lain yang perlu diingat:

  1. Hindari kamar dengan pintu ganda, alias pintu interlock yang tembus ke kamar lain
  2. Pilih hotel yang tidak berada di lingkungan dengan tingkat kejahatan tinggi.
  3. Pastikan kamar memiliki geredel pintu, lubang mata untuk mengintip tamu, dan prosedur evakuasi.
  4. Kunci ganda pintu.
  5. Ketika masuk kamar, pintu jangan langsung ditutup. Ganjal dengan koper, kemudian periksa kamar dengan cepat apakah ada orang asing yang masuk.
  6. Bawa tas kecil yang berisi barang penting seperti kartu identitas/paspor dan charger handphone.
  7. Ketika meninggalkan kamar, tempatkan tanda ‘Jangan Ganggu’ dan nyalakan lampu kamar, dengan meminta kartu hotel tambahan
  8. Ekstra hati-hati saat di lobi, tetap periksa keberadaan koper
  9. Pastikan nomor kamar hotel tak ditunjukan di area umum.
  10. Pastikan pintu kamar dan jendela terkunci.
  11. Jika berada di negara dengan ancaman teroris, pilihlah makan di kamar ketimbang makan di restoran atau bar yang berada di lantai dasar.

Sekarang ini, memang sudah banyak hotel yang menerapkan keamanan berlapis, baik untuk lingkungan hotelnya maupun juga untuk kenyamanan para tamu. Tapi, tidak ada salahnya kita berjaga diri dan menyiapkan segala sesuatu terlebih dahulu. Jangan terlalu fokus pada faktor kenyamanan atau harga hotel yang murah saja. Karena kita tentu tidak bisa menebak apa yang akan terjadi saat kita berlibur dan menginap di hotel tersebut.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: