Kamis, Juni 27admin@warungwisata.com

9 Tips Mudik Lebaran Yang Bisa Bikin Kamu Nyaman

Tak terasa lebaran tinggal menghitung hari. Banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman.

Ada yang memilih moda transportasi darat dengan naik bus, kereta api atau mobil pribadi. Ada pula yang lebih senang waktu singkat dengan naik pesawat terbang saat mudik lebaran.

Buat kamu yang hendak mudik lewat jalur darat dan membawa kendaraan pribadi, rencanakan jadwal dan persiapan mudikmu jauh-jauh hari. Sembari menunggu waktu mudik tiba, jangan lupa untuk membaca tips mudik lebaran agar perjalananmu berjalan lancar.

Dengan begitu, kamu punya cukup waktu untuk melakukan persiapan mudik dengan baik.  Selain mempersiapkan fisik supaya tetap fit selama perjalanan, kendaraan pribadi yang hendak kamu bawa juga perlu diperiksa kelengkapan dan kelayakannya.

Mudik dibikin simpel dengan 9 tips mudik lebaran

Nah, supaya kamu bisa mudik nyaman dan sehat, dibikin simpel saja dengan 9 tips mudik lebaran berikut ini:

Tips Persiapan Mudik Lebaran

tips mudik lebaran,mudik lebaran,mudik,lebaran,tips mudik,persiapan mudik,perjalanan mudik lebaran,persiapan mudik lebaran,libur lebaran,liburan lebaran,mudik gratis,mudik gratis lebaran
sumber infografis: Viva.co.id

1.Periksa kesehatan dahulu sebelum mudik, apalagi jika kamu punya penyakit tertentu. Jangan memaksakan diri untuk mudik bila dokter mengatakan dirimu sedang tidak dalam kondisi fit. Bagaimanapun, silaturahim dengan keluarga di kampung bisa dilakukan kapan saja. Yang penting kesehatanmu tetap terjaga.

2. Siapkan obat-obatan pribadi dari dokter atau obat-obatan umum dan kotak P3K. Bila kamu punya penyakit tertentu, pastikan kamu membawa obat-obatan dari resep dokter pribadi. Jangan lupa sediakan pula obat-obatan umum dan perlengkapan P3K untuk berjaga-jaga selama perjalanan mudik.

3. Pastikan kendaraan pribadimu layak dan tidak membahayakan penumpang maupun pengguna jalan lain. Setidaknya kamu harus mengecek fisik dan kondisi mobil yang hendak kamu bawa mudik.

Yang sering dilupakan pemudik adalah kondisi kemudi mobil. Apabila kondisi kemudi mobil terasa membuang ke kiri atau ke kanan, itu salah satu pertanda jika mobilmu perlu melakukan wheel alignment atau yang kerap disebut spooring dan balancing. Lebih baik kamu segera membawa mobil ke bengkel untuk melakukan spooring dan balancing.

4. Siapkan kartu e-toll. Berhubung sekarang banyak jalan tol baru, dan kemungkinan besar jalur mudikmu lewat salah satu jalan tol, pastikan kamu sudah punya kartu e-toll. Pastikan juga kartu e-toll milikmu punya saldo yang cukup. Untuk isi ulang kartu e-toll ini, dibikin simpel saja dengan mengisinya lewat aplikasi BCA Mobile. Jadi kamu tak perlu mampir ke ATM atau ke merchant pengisian ulang.

5. Perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi atau kamu bawa sebagai bekal. Jangan sampai sebelum berangkat kamu mengonsumsi makanan yang bisa memicu penyakit. Hindari makanan pedas dan bersantan saat hendak berangkat mudik. Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak untuk jaga stamina dan perbanyak makan buah-buahan.

Jangan lupa, sediakan air minum yang cukup selama perjalanan dan juga air cadangan untuk kebutuhan radiator mobil.

Tips Selama perjalanan mudik lebaran.

tips mudik lebaran,mudik lebaran,mudik,lebaran,tips mudik,persiapan mudik,perjalanan mudik lebaran,persiapan mudik lebaran,libur lebaran,liburan lebaran,mudik gratis,mudik gratis lebaran
sumber infografis: viva.co.id

6. Sebelum berangkat mudik, istirahatlah yang cukup agar tubuh tetap fit. Saat sedang dalam perjalanan, istirahat jika mulai merasa lelah dan mengantuk saat berkendara. Bila kamu membawa motor, istirahatlah setiap 2 jam sekali dan 4 jam sekali bila kamu mengendarai mobil.

Jangan memaksa untuk terus berkendara diatas 4 jam karena bisa menurunkan kesigapan dan respon tubuh sehingga rawan kecelakaan. Selain tubuh tetap terjaga staminanya, waktu istirahat ini juga memberi kesempatan untuk mendinginkan mesin kendaraan.

7. Usahakan jangan beristirahat di sembarang tempat. Carilah tempat istirahat atau rest area, atau tempat lain yang ramai. Ini untuk menghindari kemungkinan tindak kriminalitas.

8. Jaga emosi dan konsentrasi selama berkendara dan di perjalanan agar tetap fokus pada rambu lalu lintas dan kondisi jalan.

9. Hindari penggunaan alat komunikasi selama berkendara. Bila ada panggilan penting, menepi dan berhentilah sejenak untuk menerima panggilan.

Nah, itu tadi 9 tips mudik lebaran yang nyaman dan sehat. Ingat, keselamatan adalah yang utama. Selamat mudik lebaran, selamat bersilaturahim dengan keluarga di kampung halaman.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: