#NgumpulBloggerBali

Traveling Dan HangOut Jadi Lebih Asyik Dengan SAKUKU BCA


Bagaimana rasanya jika saat kamu traveling atau hangout dompetmu ketinggalan? Tentu saja kelabakan, dan malu mungkin. Tapi, di zaman serba internet dan gadget seperti sekarang, ketinggalan dompet bukanlah peristiwa yang bisa bikin kita galau. “Lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP,” begitulah kata sebagian besar orang. Memang, selain internet yang telah menjadi nafas kehidupan kita di era modern seperti sekarang, smartphone juga termasuk benda wajib yang harus selalu ada di mana pun kita beraktivitas. Dan, beruntunglah jika di smartphone kamu, yang tak pernah ketinggalan itu sudah tersedia aplikasi Sakuku dari BCA.

Layanan Sakuku sangat praktis karena menggunakan nomor HP sebagai nomor rekening. Kamu bahkan tidak perlu menjadi nasabah BCA sebelumnya untuk bisa memanfaatkan layanan ini. Seperti apa sih aplikasi Sakuku dari BCA ini?

#NgumpulBloggerBali

Hari Kamis (27/10), saya beruntung mendapat undangan dari BCA dan BBlog untuk menghadiri acara Ngumpul Blogger Bali. Selain membahas aplikasi Sakuku, acara Ngumpul Blogger Bali kali ini juga menghadirkan mas I Wayan Wahyu Mahendra, seorang anak muda yang menceritakan pengalamannya sebagai Travel Lifestyle Photographer dengan akun Instagram @iwwm. Hanya dengan mengandalkan kamera dari hp Iphone 5, hasil fotografi dari mas Wahyu terlihat menakjubkan. Dari pihak BCA, ada mas Amin Laurent yang menjelaskan aplikasi Sakuku.

#NgumpulBloggerBali

Pak Aming Lauren dari BCA menjelaskan aplikasi Sakuku BCA

Aplikasi uang elektronik dari BCA ini bisa kamu unduh di Playstore (Android OS 4.0 ke atas) atau Apple App Store (iOS 7.1 ke atas). Tenang saja, aplikasi ini ringan kok, tidak memberatkan memori smartphone. Bahkan, ketika sudah terinstal pun, loading dan running aplikasinya juga smooth.

Untuk registrasi, kamu tinggal membuka aplikasinya, setujui syarat dan ketentuannya, lalu isi data diri (nama, tanggal lahir, dan alamat email), lanjutkan ke proses pembuatan PIN, dan akun Sakuku kamu langsung aktif! Sakuku akan secara otomatis mendeteksi nomor seluler yang kamu pakai. Jika smartphone kamu memiliki fitur dual SIM, Sakuku akan mengambil nomor seluler yang kamu pakai sebagai default nomor pertama. Pembukaan rekening hanya dikenakan biaya kirim 1x SMS (Rp 250 atau Rp 350 tergantung operator). Selanjutnya, kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi apapun lagi.


Ada dua versi Sakuku, yang pertama adalah Sakuku Unregistered, di mana kamu hanya registrasi menggunakan nama, tanggal lahir, dan alamat email saja. Tapi, tentu saja dengan keterbatasan menu. Pada Sakuku Unregistered, kamu hanya bisa memanfaatkan menu Isi Pulsa, Bayar Belanja, dan Kontak.

Jika kamu punya rekening BCA, kamu bisa mengaktivasi Sakuku kamu menjadi Sakuku Plus. Sehingga, kamu bisa memanfaatkan menu Split Bill, Transfer ke sesama pengguna Sakuku, dan Tarik Tunai di ATM BCA bertanda Sakuku tanpa menggunakan kartu ATM. Untuk yang belum memiliki rekening BCA jangan khawatir, kamu juga bisa merasakan fitur-fitur yang ada di Sakuku Plus dengan cara datang ke cabang BCA terdekat dengan membawa KTP dan smartphone kamu yang sudah terinstall Sakuku.

sakuku bca

Fitur bayar belanja di Sakuku menggunakan teknologi scan QR Code. Untuk sementara, kamu hanya bisa memanfaatkan menu bayar belanja ini di 210 merchant dengan 900 outlet yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti D’Cost, Häagen-Dazs, BonChon, Doner Kebab, CGV Blitz, Alfamart, hingga Bangi Kopi Tiam, dan lain-lain. Sakuku juga telah bermitra dengan 7 situs e-commerce, yaitu Blibli.com, Bhinneka.com, dinomarket.com. kaskus, perkakasku, galerigadget dan rajagame. Jumlah merchant ini tentunya akan terus bertambah ke depannya. Kamu bisa cek di sini http://www.bca.co.id/merchantsakuku

Pada menu isi pulsa, kamu bisa isi pulsa ke nomor apapun. Ya, dengan aplikasi Sakuku, kamu bisa isi pulsa semudah mengupdate status Facebook. Pulsa bisa dikirimkan ke nomor kamu, nomor lain, maupun melakukan permintaan isi pulsa ke nomor teman Sakuku yang kamu miliki. Kamu dapat melakukan pengisian pulsa hingga Rp 1,1 juta per harinya.


Fitur andalan dari Sakuku BCA ini adalah Split Bill. Dengan fitur ini, kamu bisa membagi tagihan dengan teman-teman dalam kontak Sakuku milikmu. Misalnya nih, kamu lagi hangout bareng 5 temanmu di resto/cafe. Setelah acara, tagihannya 500 ribu. Nah, tagihan ini bisa kamu bagi 100 ribuan ke 5 temanmu tadi. Teman yang punya Sakuku, akan mendapat notifikasi tagihan, yang selanjutnya akan mengurangi saldo Sakuku mereka. Tapi ingat ya untuk fitur ini, teman kamu juga harus sudah mengaktifkan Sakuku Plus.

Sebagai uang elektronik, tentu saja kamu harus mengisi dana agar Sakuku milikmu bisa digunakan. Kamu bisa isi dana ke Sakuku melalui menu transfer pada ATM BCA, BCA mobile, dan KlikBCA Individu. Praktis bukan? Jika belum memiliki rekening BCA, kamu cukup meminta keluarga atau teman untuk melakukan pengisian dana ke nomor Sakuku milikmu.

Nasabah dapat memiliki maksimal saldo Rp 1 juta untuk Sakuku Unregistered atau Rp 5 juta untuk Sakuku Registered atau Sakuku Plus, dengan setoran top up maksimum Rp 20 juta per bulan. Lewat menu yang ada di dalam aplikasi Sakuku, kamu bisa melihat informasi saldo dan mutasi transaksi hingga 31 hari ke belakang. Segala bukti transaksi juga tersimpan dalam inbox aplikasi ini.

Di akhir acara pengenalan aplikasi Sakuku BCA ini, para blogger dihibur dengan penampilan stand up comedy dari M Lutfi, yang ngakunya masih kuliah di Universitas Udayana.

#NgumpulBloggerBali

BCA Sakuku
 

 


Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.