Kamis, April 18admin@warungwisata.com

Tujuh Taman Kota Terbaik Dan Unik Di Indonesia

Keberadaan taman kota sebagai ruang publik semakin lama semakin dibutuhkan masyarakat perkotaan. Berekreasi bersama keluarga mengunjungi taman kota, merupakan salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan di akhir pekan. Selain dapat menghilangkan penat setelah seharian bekerja, berkumpul dan bermain di taman kota juga bisa menjadi alternatif wisata keluarga. kita dapat berkumpul bersama keluarga dan mempererat hubungan keluarga kita.

Beberapa kota di Indonesia kini memiliki taman dengan wajah yang indah dipadu penataan yang rapi dan bersih. Tak heran jika beberapa taman ini ada yang mendapatkan penghargaan sebagai salah satu taman kota terindah di dunia. Berikut tujuh taman kota terbaik di Indonesia.

  1. Taman Bungkul, Surabaya
taman bungkul surabaya
Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul Surabaya pernah menyabet penghargaan “The 2013 Asian Townscape Sector Award” atau taman terbaik se-Asia dari PBB. Lantas apa yang membuat taman ini menjadi yang terbaik? Taman Bungkul ditata sedemikian rupa dengan banyak rumpun bunga, pepohonan yang rindang, sarana olahraga, plus berbagai fasilitas penunjang rekreasi lainnya. Taman yang ada di Jalan Raya Darmo ini benar-banar di rawat dengan baik, salah satu bukti nyatanya dapat dilihat dari kebersihan taman. Tak nampak satu biji sampah pun di area taman yang membuatnya seolah-olah bukan taman di Indonesia. Taman ini memang sangat cocok untuk piknik atau sekedar bersantai dengan keluarga malah ada WiFi gratis pula di sana.

2. Taman Alam Rumbini, Brastagi

taman alam rumbini
Taman Alam Rumbini

Ingin bersantai menikmati taman kota yang asri namun dalam waktu yang bersamaan juga kepingin melihat dari dekat Pagoda Shwedagon di Yangoon, Myanmar? Itu bisa anda lakukan sekaligus jika menyambangi Taman Alam Lumbini. Taman ini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo. Taman ini sudah sangat terkenal tak hanya oleh wisatawan lokal saja namun telah menjadi tempat wisata favorit para bule juga. Di Taman Alam Rumbini, anda bisa menikmati replika Pagoda Shwedagon di Myanmar yang terkenal itu. Di dekat pagoda itu, baru terdapat taman dengan aneka bunga yang tertata rapi.

3. Taman Kyai Langgeng, Magelang

taman kyai langgeng
Taman Kyai Langgeng

Taman ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, serta berbagai macam jenis flora dan fauna yang cukup lengkap. Dinamakan Taman Kyai Langgeng karena di dalamnya terdapat makam seorang pejuang bernama Kyai Langgeng. Kyai Langgeng adalah seorang pejuang pada masa perang Diponegoro yang berlangsung antara tahun 1825 – 1830 M. Untuk mengenang jasa-jasanya itulah, kemudian nama Kyai Langgeng digunakan sebagai nama obyek wisata ini.

taman kyai langgeng

Taman Kyai Langgeng memadukan antara unsur pariwisata dengan pendidikan. Perpaduan itu tampak pada perpustakaan yang berada di dalam area wisata yang bersih dan indah. Dengan dibangunnya perpustakaan ini, maka pada tanggal 17 Mei 2003, Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Soedibyo, memberi nama wisata ini “Desa Buku Taman Kyai Langgeng” yang pertama di Indonesia.

4. Taman Kota Pecangakan, Jembrana

taman kota pecangakan
taman kota pecangakan

Tak hanya memiliki panorama wisata alam yang indah, Bali juga memiliki salah satu taman kota terbaik, yakni Taman Kota Pecangakan yang berada di kota Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Taman Kota Pecangakan sebenarnya merupakan taman kota yang berada di sekitar area perkantoran. Di tengah taman terdapat kolam air mancur dengan patung Dewa Ruci di tengahnya. Dewa Ruci merupakan wujud lain dari Bima, salah satu anggota Pandawa.

Selain patung Dewa Ruci, terdapat pula patung tokoh Mahabarata seperti Arjuna, Drupadi, Srikandi dan lain-lainnya. Taman yang disebut-sebut sebagai peninggalan Jepang ini menjadi alternatif tempat rekreasi bersama keluarga.

5. Alun-alun Kota Batu

taman kota batu
Alun-alun Kota Batu

Alun-alun Kota Batu atau disebut juga taman Kota Batu telah menjadi landmark baru pariwisata kota tersebut sejak dibuka kembali setelah mengalami renovasi besar-besaran. Dengan wajah barunya, tampilan taman kota ini semakin berseri dan menampakkan keanggunannya.

Alun-alun Kota Batu ini memiliki konsep yang sangat unik dan menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki Bianglala. Keunikan dari taman ini bisa dilihat dari adanya berbagai fasilitas seperti ruang informasi yang berbentuk buah stroberi serta toilet berbentuk apel. Tak hanya itu saja, alun-alun kota Batu dilengkapi pula dengan sebuah playground untuk anak-anak. Jika mencari tempat rekreasi gratis yang menyenangkan langsung datang saja ke alun-alun Kota Batu.

6. Taman Bukit Bougenville, Singkawang

taman bukit bougenville
Taman Bukit Bougenville

Keunikan dari Taman Bukit Bougenville terletak pada beraneka ragamnya spesies bunga Bougenville. Taman Bukit Bougenville memiliki 46 spesies bunga bougenville sehingga membuat taman ini menjadi berwarna-warni. Meski demikian anda juga bisa melihat tanaman lain seperti aglonema, antorium dan berbagai jenis anggrek.

Selain keindahan bunga-bunganya, di Taman Bukit Bougenville terdapat kawasan hutan homogen yang dipenuhi pohon gaharu. Kawasan ini sangat sejuk sehingga disebut sebagai area super sejuk oleh para pengunjung.

7. Taman Kota Giri Menang, Lombok

taman kota giri menang
Tugu Giri Menang

Jika anda ingin menikmati pemandangan indah di malam hari pada sebuah taman kota, datanglah ke Taman Kota Giri Menang, Lombok Barat. Menempati lahan seluas 1,5 hektar, Taman Kota Giri Menang menjadi salah satu landmark dan kebanggan Lombok Barat. Kecantikan taman ini bisa dilihat sepanjang waktu namun saat malam tiba cantiknya taman ini bisa berlipat ganda dengan paduan lampu warna-warni menghiasi taman. Di dalam Taman Kota ini terdapat Tugu Giri Menang yang berdiri dengan anggunnya.

 

One Comment

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: