Minggu, Februari 17admin@warungwisata.com

Uniknya Danau Labuan Cermin Dengan Dua Rasa Air

Bagaimana rasanya jika anda berenang di sebuah danau yang mempunyai dua rasa air, yakni tawar dan asin? Tentu sangat mengesankan dan terasa ajaib! Pengalaman itu bisa anda rasakan saat berkunjung dan berenang di Danau Labuan Cermin, Berau, Kalimantan Timur. Biasanya, air tawar dan air asin (laut) hanya bisa bertemu di hulu sebuah sungai, tapi beda dengan danau ajaib ini. Air tawar dan air asin bisa berkumpul jadi satu di sebuah danau.

Danau labuan Cermin adalah sebuah danau super jernih yang mempunyai dua kandungan air di dalamnya, yaitu air tawar dan air asin. Kedua air ini tidak pernah tercampur satu sama lain, air asin yang terletak di bagian bawah tidak pernah naik ke permukaan melewati air tawar yang melindunginya.

danau labuan cermin
Danau Labuan Cermin, foto by @beborneotour

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Untuk mencapai Berau sendiri ada beberapa cara seperti yang biasa dilakukan untuk mencapai Kepulauan Derawan. Memang wisatawan yang kesini biasanya terlebih dahulu mengunjungi surga bawah laut di Kepulauan Derawan.

Bila Anda berasal dari luar pulau Kalimantan, bisa menggunakan maskapai penerbangan nasional dengan tujuan Tanjung Redep, ibu kota Kabupaten Berau. Biasanya pesawat tujuan Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau akan transit terlebih dahulu di Bandara Sepinggan, Balikpapan dan kemudian akan dilanjutkan menuju Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau.

Setelah sampai di Kabupaten Berau, anda bisa menggunakan jasa mobil travel dari Kabupaten Berau menuju Kecamatan Biduk-Biduk dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 4-5 jam. Sebaiknya travel ini dipesan dihari sebelumnya agar memudahkan perjalanan Anda. Untuk kisaran biaya travel, kita ambil harga yang termurah pada saat itu Rp. 130.000,- per orang, sebaiknya Anda menyiapkan dana yang lebih, karena ditakutkan harga jasa travelnya sudah naik seiring dengan kenaikan harga BBM.

Setelah Anda menempuh perjalanan sekitar 6-7 jam, Anda akan sampai di Kecamatan Biduk-Biduk. Di Kecamatan Biduk-Biduk ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah dengan pantai yang panjang. Kemudian untuk menuju Danau Labuan Cermin Anda cukup menuju Desa Labuan Kelambu, di sana Anda akan disambut dengan tulisan ‘Selamat Datang di Kawasan Wisata Bahari Labuan Cermin Danau Dua Rasa’.

danau labuan cermin
Papan Selamat Datang Di Danau Labuan Cermin

Setelah itu Anda akan berjalan seebentar menuju jembatan kayu untuk menyewa perahu yang digunakan untuk mengantar Anda menyebrang menuju tempat tujuan Anda, Danau Labuan Cermin. Tarif sekali jalan menyewa perahu Rp. 100.000. Perjalanan menuju Danau memang harus menggunakan perahu, karena tidak ada moda transportasi lainnya. Tapi jangan khawatir, cuma beberapa menit saja menyusuri aliran sungai menuju danau. Setelah itu sampailah anda ke sebuah danau dengan airnya yang berwarna biru kehijauan.

Danau ini luasnya tak lebih dari lapangan sepakbola, dengan kejernihan air yang begitu luar biasa, hingga orang-orang setempat menamakannya Labuan Cermin. Karena memang, begitu kita memandang permukaan air, serasa melihat sebuah cermin. Danau ini juga mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh danau biasa lainnya, yaitu kandungan air yang berada di dalamnya. Air laut dan air tawar hidup rukun berdampingan bagaikan dipisahkan oleh kaca yang tak terlihat oleh mata.

 

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: