Senin, Mei 20admin@warungwisata.com

Warna-Warni Bukit Pergasingan

Tak salah jika Lombok menjadi pesaing berat Bali dalam hal pariwisata. Hampir semua pemandangan indah, maupun kekayaan budaya penduduk asli bisa didapat di Lombok. Tak cuma pantai, pariwisata Lombok juga kaya akan destinasi wisata air terjun, pegunungan, hingga pemandangan bukit yang indah. Salah satunya adalah Bukit Pergasingan. Seperti yang tampak pada foto indah di bawah ini.

bukit pergasingan
Bukit Pergasingan

Salah besar jika anda mengira foto pemandangan indah ini berada di luar negeri. Ini adalah foto panorama dari Bukit Pergasingan. Terletak di desa Sembalun, Lombok Timur, Bukit Pergasingan memiliki ketinggian 1700 mdpl dan Desa Sembalun  sendiri berada di ketinggian 1100 mdpl. Jadi, ketinggian yang harus anda taklukkan hanya berkisar 600 meter saja. Desa Sembalun bisa ditempuh selama kurang lebih 3 jam perjalanan dari Kota Mataram. Bukit Pergasingan sendiri merupakan salah satu alternatif jalur pendakian ke Gunung Rinjani.

Udara dingin khas Desa Sembalun akan menyapa anda begitu tiba di desa yang terletak tepat di bawah kaki Gunung Rinjani ini. Pintu masuk Bukit Pergasingan terletak di Desa Sembalun Lawang dan untuk memulai perjalanan, anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 kepada pengelola Bukit Pergasingan. Mereka adalah pemuda setempat yang tergabung dalam Sembalun Development Community Centre (SCDC). Jangan khawatir, uang tiket masuk dipergunakan dengan bijak untuk menjaga kelestarian bukit ini. Karena, sebagian besar pemuda desa Sembalun merupakan atlet paralayang, sehingga kelestarian Bukit Pergasingan tentu saja sangat mereka butuhkan.

Dari pintu masuk tersebut, anda cukup berjalan kaki selama 2-3 jam. Jalur perjalanannya pun tidak begitu berat sehingga bisa anda lakukan dengan santai dan cocok sekali buat anda yang ingin naik Rinjani dan melakukan pemanasan. Namun, memang ada beberapa titik dimana jalur pendakian bisa mencapai kemiringan 65 derajat. Sepanjang perjalanan mendaki, anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Hamparan sawah dan kebun bak permadani berwarna-warni, kabut yang menyelimuti Desa Sembalun, ditambah lagi dengan view Gunung Rinjani yang menjulang dengan gagahnya. Sungguh, membuat anda tidak akan pernah melupakan Bukit Pergasingan.

jalur pendakian bukit pergasingan
jalur pendakian bukit pergasingan

Jika anda mengunjungi Bukit ini dan berencana untuk camping, jangan malas untuk bangun pagi. Tentu saja anda tidak ingin melewatkan indahnya pemandangan sunrise, dimana matahari tebit dari balik Bukit Anak Dara dan menyinari Puncak Rinjani secara perlahan. Perpaduan warnanya bagaikan lukisan terindah di balik kanvas.

 

 

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: