Rabu, Juni 26admin@warungwisata.com

Yuk Ke Pantai di Malang Beach Festival!

 

Malang tak hanya dikenal sebagai daerah dingin yang dikelilingi deretan pegunungan. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Malang kini juga dikenal akan keindahan deretan pantai yang memanjang dengan nama berbeda di setiap jengkalnya. Konon, ada ratusan nama yang diberikan untuk menyebut pantai-pantai disepanjang pesisir selatan Kabupaten Malang. Keindahan dan eksotisme pantai-pantai di Malang tak kalah dengan pantai yang ada di Bali. Hanya karena belum banyak dikunjungi dan dikenal orang, pantai-pantai yang berjejer di Kabupaten Malang belum begitu dikenal sebagai salah satu destinasi wisata pilihan. Untuk lebih memperkenalkan pariwisata pantai, Pemerintah Kabupaten Malang tahun ini menggelar event Malang Beach Festival.

Pemerintah Kabupaten Malang kini mulai serius untuk lebih mengeksplorasi pantai-pantai di Laut Selatan. Jalan menuju wilayah pantai kini diperbaiki dan diperlebar. Seperti dibangunnya Jalur Lintas Selatan (JLS) yang membentang dari sisi timur hingga barat sekitar 103 Km. Tujuannya untuk mempermudah akses wisatawan menuju kawasan wisata pantai. Dan untuk memperkenalkan keindahan pantai-pantai disana, mulai tahun ini Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata menggelar acara Malang Beach Festival selama satu bulan penuh, yang dimulai tanggal 4 November sampai 17 Desember 2017.

Malang Beach Festival (MBF) diadakan sebagai rangkaian dari Hari Ulang Tahun Kabupaten Malang ke-1257. Acara ini digelar di 6 lokasi pantai selatan Malang, yakni pantai Balekambang, Pantai Modangan, Nganteb, Batu Bengkung, Ungapan, hingga pantai Bajul Mati. Beragam acara digelar yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang kawasan wisata pantai dan juga untuk memberi hiburan pada wisatawan dan masyarakat sekitar. Kedepan, Pemerintah Kabupaten Malang akan menjadikan event ini sebagai ikon pariwisata Kabupaten Malang.

jadwal Malang Beach Festival

 

Acara Malang Beach Festival dimulai dengan kegiatan lomba melukis tingkat SD sampai SMA di kawasan pantai Nganteb pada tanggal 4 November 2017. Selain lomba melukis, di tempat yang sama juga dilaksanakan pameran foto dan buku serta lomba vokal grup tingkat SMP. Pantai Nganteb terletak di Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Dari pusat kota Malang berjarak sekitar 60 km, atau sekitar 2 jam perjalanan lancar. Untuk menuju lokasi pantai Nganteb kita bisa melalui rute Malang kota-Gadang-Bululawang-Krebet-Gondang Legi-Bantur (sebelum Pantai BALEKAMBANG ada perempatan belok kiri ikut jalur lintas selatan kurang lebih 5 KM), sampai ada papan petunjuk Pantai Nganteb.

Berikut lokasi dan rute arah perjalanan ke beberapa pantai tempat dilaksanakannya event Malang Beach Festival:

  • Pantai Bajul Mati . Lokasi    : Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.
    Rute      : Malang kota-Gadang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sitiarjo-Sendang Biru-Bajul Mati.
    Jarak     : Dari pusat kota Malang sekitar 75 KM.
  • Pantai Ungapan. Lokasi    : Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.
    Rute      : Malang kota-Gadang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sitiarjo-Sendang Biru, (muara sungai Bajulmati)
    Jarak     : Dari pusat kota Malang sekitar 75 KM.
  • Pantai Batu Bengkung. Lokasi    : Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.
    Rute      : Malang kota-Gadang-Bululawang-Turen-Sumbermanjing Wetan-Sitiarjo-Sendang Biru-Pantai Batu Bengkung.
    Jarak     : Dari pusat kota Malang sekitar 78 KM.
  • Pantai Balekambang. Lokasi    :Dusun Sumber Jambe, Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.
    Rute      : Malang kota-Gadang-Bululawang-Krebet-Gondang Legi-Bantur –Pantai Balekambang.
    Jarak     : Dari pusat kota Malang sekitar 62 KM.
  • Pantai Modangan. Lokasi     : Dusun Kaliketuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.
    Rute      : Malang-Gadang-Panjen-Karang Kates-Donomulyo-Desa Purwodadi, (sebelah panti NGOMBAK)
    Jarak     : Dari pusat kota Malang sekitar 70 KM.

Event Malang Beach Festival berakhir tanggal 17 Desember 2017 di Pantai Ungapan dengan acara puncak lari marathon beach running 10k dan pemecahan rekor Muri untuk Tari Bapang dengan penari terbanyak.

Tinggalkan Komentar Ya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: